7 Bahaya Gigi Berlubang Jika Terus Dibiarkan, Bisa Kena Stroke

Rabu, 25 Januari 2023 - 11:16 WIB
loading...
A A A
Selain itu, infeksi ini dapat menimbulkan komplikasi penyakit serius yang membahayakan nyawa penderitanya jika tak segera ditangani dengan baik.

3. Endokarditis dan Sinusitis

Gigi berlubang biasanya penuh dengan bakteri. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan infeksi pada dinding dan katup jantung. Kondisi ini disebut juga endokarditis. Selain itu, infeksi bakteri pada gigi juga bisa menyebar ke dinding rongga sinus dan menyebabkan sinusitis.



4. Sepsis

Bakteri pada gigi berlubang juga bisa masuk ke aliran darah dan memicu infeksi yang disebut sepsis. Kondisi ini terjadi saat tubuh melawan infeksi secara tidak terkendali, sehingga merusak jaringannya sendiri.

Sepsis dapat berkembang menjadi syok septik, yang menyebabkan gangguan pada organ tubuh dan bahkan kematian. Kondisi ini juga harus diwaspadai oleh ibu hamil, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan.

5. Gigi Patah hingga Copot

Gigi yang berlubang hingga berukuran besar, bisa berisiko patah hingga copot. Risiko ini akan semakin bertambah jika Anda sering mengonsumsi makanan dengan tekstur keras.

Kondisi ini dapat mengurangi kenyamanan saat makan dan berbicara. Selain itu, gigi yang copot sering kali menurunkan kepercayaan diri pemiliknya ketika tersenyum. Berikut beberapa kondisi yang menjadi tanda gigi Anda akan copot.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)