Shopee Bagikan Tren Perilaku Belanja Konsumen untuk Pacu Pertumbuhan Ekonomi Digital 2023

Jum'at, 27 Januari 2023 - 14:50 WIB
loading...
Shopee Bagikan Tren Perilaku Belanja Konsumen untuk Pacu Pertumbuhan Ekonomi Digital 2023
Shopee mengawali tahun dengan membagikan tren perilaku konsumen yang diprediksi dapat membentuk lanskap perekonomian digital 2023 di Indonesia.
A A A
JAKARTA - Shopee mengawali tahun dengan membagikan tren perilaku konsumen yang diprediksi dapat membentuk lanskap perekonomian digital 2023 di Indonesia. Selama dua tahun terakhir, transformasi digital terus mengalami perkembangan dan bergerak lebih cepat.

Sebagian besar masyarakat telah beralih ke ranah online dan mengintegrasikan layanan digital, salah satunya e-commerce, ke dalam bagian dari gaya hidup mereka. Di saat yang sama, digitalisasi pada 2022 juga diimbangi dengan upaya Shopee dalam meningkatkan antusiasme pengguna melalui fitur inovasi dan program yang dihadirkan.

Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, mengatakan, pihaknya telah melihat bagaimana adaptasi layanan digital seperti e-commerce dapat meningkatkan kehidupan masyarakat, salah satunya melalui bagaimana konsumen terhubung dengan bisnis pada dua tahun terakhir ini.

Menurutnya, terlepas dari pertumbuhan tersebut, ekonomi digital di Indonesia masih memiliki banyak ruang dan peluang jangka panjang yang lebih besar khususnya untuk membantu semakin banyak masyarakat mendapatkan keuntungan. Di tahun mendatang, konsumen akan terus membentuk masa depan ekonomi digital.

"Shopee membagikan empat tren konsumen yang telah kami amati dan perlu diadaptasi oleh bisnis. Dimana mereka yang melakukannya akan memiliki pondasi dalam ekosistem digital yang tangguh, yang memungkinkan mereka menjangkau lebih banyak pengguna di masa mendatang. Kami berkomitmen untuk membantu seluruh ekosistem Shopee untuk memahami tren saat ini dan bersama membuka lebih banyak peluang,” kata Handhika.

Tidak hanya menjadi perpanjangan tangan dalam memenuhi kebutuhan, Shopee juga menghadirkan wadah yang memungkinkan pelaku usaha memanfaatkan peluang untuk bangkit dan berkembang. Memasuki 2023, di tengah ketidakpastian ekonomi, teknologi masih mengambil peran penting dalam kehidupan masyarakat.

Shopee berupaya untuk terus menjadi platform e-commerce terpercaya dan memastikan rangkaian fitur dan program yang dihadirkan dapat mendukung seluruh ekosistem, khususnya mitra brand dan pelaku usaha agar terus dapat tangguh dan berdaya bersama ekosistem digital Shopee yang inklusif.

1. Digitalisasi ubah perilaku belanja online melalui fitur interaktif
Konsumen di Indonesia telah terbiasa dengan perangkat digital dan menghabiskan lebih banyak waktu pada platform online. Beragam kemudahan serta kemajuan teknologi yang ditawarkan membawa pengaruh khususnya dalam kecenderungan perilaku belanja online masyarakat. Saat ini masyarakat semakin tertarik menggunakan fitur interaktif, Shopee Video & Shopee Live mendapatkan antusiasme yang tinggi dari pengguna pada 2022.

- 3 dari 8 pengguna Shopee menggunakan Shopee Video. Fitur interaktif terbaru ini banyak menarik perhatian serta antusiasme pengguna, khususnya untuk mencari berbagai konten kreatif mulai dari video review hingga haul. Video-video dengan konten menarik ini membawa pengaruh signifikan dan inspirasi bagi pengguna khususnya saat berbelanja. Sejak diluncurkan, tercatat lebih dari 8 kali lipat peningkatan transaksi yang dilakukan melalui Shopee Video.

- Lebih dari 180 juta produk telah dipromosikan melalui keranjang orange Shopee Live pada tahun 2022. Melalui interaksi proaktif yang ditawarkan ShopeeLive, penjual mendapatkan kesempatan untuk membangun kepercayaan dan ruang bagi calon pembeli untuk mengetahui lebih dalam sebuah produk sehingga dapat dengan mudah melakukan transaksi saat siaran langsung tersebut. Penjual juga dapat meningkatkan interaksi dengan pembeli, eksposur toko hingga perluasan jangkauan produknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)