Mengenal Jamur Cordyceps yang Bikin Manusia Jadi Zombie di The Last of Us

Jum'at, 27 Januari 2023 - 13:00 WIB
loading...
Mengenal Jamur Cordyceps yang Bikin Manusia Jadi Zombie di The Last of Us
Jamur cordyceps dalam The Last of Us diceritakan bisa mengubah manusia menjadi zombie. Serial itu mengisahkan latar belakang virus jamur cordycpes di Jakarta. Foto/Om Mushroom Superfood
A A A
JAKARTA - Jamur cordyceps dalam serial The Last of Us diceritakan bisa mengubah manusia menjadi zombie . Serial yang diangkat dari game dengan judul yang sama itu pun mengisahkan latar belakang virus jamur cordycpes dari laboratorium di Jakarta.

Dilansir dari Health Line, Jumat (27/1/2023) cordyceps adalah genus jamur parasit yang tumbuh pada larva serangga. Ketika jamur ini menyerang inangnya, mereka mengganti jaringannya dan menumbuhkan batang panjang dan ramping yang tumbuh di luar tubuh inang.

Sisa-sisa serangga dan jamur telah dikumpulkan dengan tangan, dikeringkan dan digunakan dalam pengobatan tradisional China selama berabad-abad untuk mengobati kelelahan, penyakit, penyakit ginjal, dan dorongan seks yang rendah.

Suplemen dan produk yang mengandung ekstrak cordyceps menjadi semakin populer karena banyak manfaat kesehatannya. Namun, sebagian besar penelitian ini terbatas pada penelitian hewan atau laboratorium, sehingga ahli kesehatan saat ini tidak dapat menarik kesimpulan tentang pengaruhnya terhadap manusia. Berikut manfaat jamur cordyceps untuk kesehatan.



1. Meningkatkan Kinerja

Cordyceps dianggap meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) tubuh, yang penting untuk memberikan energi ke otot. Ini dapat meningkatkan cara tubuh menggunakan oksigen, terutama saat berolahraga.

Dalam sebuah penelitian, cordyceps telah terbukti meningkatkan ukuran kinerja olahraga pada orang dewasa yang lebih tua dan lebih muda. Namun, tidak pada atlet yang terlatih.

2. Anti Penuaan

Banyak orang tua yang menggunakan cordyceps untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kekuatan serta dorongan seksual. Peneliti percaya kandungan antioksidannya dapat menjelaskan potensi anti penuaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2290 seconds (0.1#10.140)