6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Nomor Terakhir Cocok Bagi Ibu Menyusui

Jum'at, 27 Januari 2023 - 19:30 WIB
loading...
6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Nomor Terakhir Cocok Bagi Ibu Menyusui
Khasiat daun kelor berasal dari kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, terutama vitamin C, zat besi, kalium, dan protein. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Daun kelor mungkin hingga saat ini kerap dianggap mistis bagi masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda, daun yang satu ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh lho!

Ya, belakangan daun kelor kian populer karena berbagai macam khasiatnya. Masyarakat kini mulai mengonsumsinya dengan berbagai macam olahan, salah satunya dikonsumsi sebagai sayur.

Kelor merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Tak hanya daunnya, biji kelor juga sering dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan.

Khasiat daun kelor berasal dari kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, terutama vitamin C, zat besi, kalium, dan protein. Berbagai zat gizi ini mendukung pertumbuhan tubuh Anda.



Daun kelor memiliki kandungan protein (19-29 persen), serat (16-24 persen), lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, besi, sulfur, asam oksalat, vitamin A, vitamin B (Kolin), vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3, vitamin C dan vitamin E.

Kadar vitamin C di dalam daun kelor adalah 15 mg, sedangkan kadar kaliumnya mencapai 1.500 mg. Jumlah kandungan vitamin C tersebut bahkan 7 kali lipat lebih banyak daripada buah jeruk. Sementara itu, kadar kaliumnya 15 kali lipat lebih banyak daripada buah pisang.

Selain beragam zat gizi tersebut, daun kelor juga mengandung asam amino esensial dan antioksidan.

Berikut beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan:

1. Meningkatkan imunitas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)