6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Nomor Terakhir Cocok Bagi Ibu Menyusui

Jum'at, 27 Januari 2023 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Kandungan isotiosianat yang bersifat anti-inflamasi (antiradang) dalam daun kelor dipercaya dapat membantu meringankan peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Meski begitu, sifat anti-inflamasi ini masih terbatas dalam penelitian laboratorium saja. Studi lebih lanjut diperlukan untuk menilai manfaatnya pada manusia.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kelor, baik itu daun, kulit kayu, maupun akarnya, mempunyai sifat antikanker. Ini membantu melawan sel kanker payudara dan kolorektal (usus besar dan rektum).

Manfaat daun kelor ini juga terkait dengan senyawa antioksidan di dalamnya, seperti eugenol dan isotiosianat, yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Penelitian ini masih dalam tahap awal. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengembangkan tanaman kelor sebagai obat baru dalam pengobatan penyakit kanker.

6. Melancarkan produksi ASI

Daun kelor menjadi salah satu pilihan makanan yang bermanfaat untuk ibu menyusui. Ekstrak daun kelor mengandung senyawa yang diketahui dapat melancarkan produksi ASI. Oleh karena itu, jika ASI sedikit, ibu menyusui bisa memanfaatkan tanaman herbal yang satu ini.

Menurut hasil sebuah studi klinis, konsumsi daun kelor pada ibu menyusui dinilai aman bagi bayi yang disusui. Namun, studi ini masih dalam skala kecil, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)