5 Jenis Keju Ini Lebih Sehat untuk Dikonsumsi

Sabtu, 28 Januari 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Jenis Keju Ini Lebih Sehat untuk Dikonsumsi
Keju merupakan produk susu yang memiliki ratusan tekstur dan rasa yang berbeda. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Keju merupakan produk susu yang memiliki ratusan tekstur dan rasa yang berbeda. Nutrisi serta rasa keju sangat berbeda-beda, tergantung cara pembuatan dan susu yang digunakan.

Beberapa orang khawatir keju dengan kandungan lemak yang tinggi, natrium, dan kalori. Namun, keju juga sumber protein, kalsium, dan beberapa nutrisi lain yang baik bagi tubuh.

Makan keju bahkan dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Ada beberapa keju yang lebih bergizi dan sehat dibandingkan dengan keju-keju lain.



Berikut adalah lima jenis keju yang paling sehat, dilansir dari Healthline, Sabtu(28/1/2023).

1. Mozzarella
5 Jenis Keju Ini Lebih Sehat untuk Dikonsumsi

Foto/Freepik

Mozzarella adalah keju putih yang lembut dengan kadar air yang tinggi. Keju ini berasal dari Italia dan biasanya dibuat dari susu kerbau atau sapi Italia.

Mozzarella lebih rendah sodium dan kalori daripada kebanyakan keju lain. Dalam 28 gram keju mozzarella mengandung 85 kalori dan 1 gram karbohidrat.

Mozzarella juga mengandung bakteri yang berperan sebagai probiotik, antara lain strain Lactobacillus casei dan Lactobacillus fermentum. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik ini dapat meningkatkan kesehatan dan keteraturan usus, meningkatkan kekebalan, dan mengurangi peradangan di tubuh Anda.

2. Blue Cheese
5 Jenis Keju Ini Lebih Sehat untuk Dikonsumsi

Foto/Freepik

Blue cheese atau keju biru terbuat dari susu sapi, kambing, atau domba yang telah diawetkan dengan biakan dari kapang Penicillium.

Biasanya berwarna putih dengan urat dan bintik biru atau abu-abu. Cetakan yang digunakan untuk membuat keju biru memberikan aroma yang khas dan rasa yang kuat dan tajam.

Keju biru sangat bergizi dan merupakan sumber kalsium yang baik. Kandungan kalsiumnya yang tinggi sangat diperlukan untuk kesehatan tulang yang optimal.



3. Feta
5 Jenis Keju Ini Lebih Sehat untuk Dikonsumsi

Foto/Freepik

Keju feta dikemas dalam air garam untuk menjaga kesegarannya. Feta memiliki kandungan sodium yang tinggi. Namun, biasanya lebih rendah kalori daripada kebanyakan keju lain.

Feta, seperti semua susu full fat, menyediakan asam linoleat terkonjugasi (CLA) yang dikaitkan dengan banyak manfaat, termasuk mengurangi lemak tubuh dan memperbaiki komposisi tubuh.

4. Ricotta
5 Jenis Keju Ini Lebih Sehat untuk Dikonsumsi

Foto/iStock

Ricotta adalah keju Italia yang terbuat dari bagian encer susu sapi, kambing, domba, atau kerbau air Italia yang tersisa dari pembuatan keju lain.

Protein dalam keju ricotta sebagian besar adalah whey, protein susu yang mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan manusia dari makanan.

Whey mudah diserap dan dapat meningkatkan pertumbuhan otot, membantu menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol tinggi.

5. Parmesan
5 Jenis Keju Ini Lebih Sehat untuk Dikonsumsi

Foto/Freepik

Parmesan adalah keju yang keras dan memiliki tekstur berpasir serta rasa asin seperti kacang. Keju parmesan memiliki mengandung 16% fosfor.

Fosfor merupakan nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan tulang. Secara tak langsung mengonsumsi keju parmesan dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Meskipun kelima keju di atas cukup memberikan manfaat kesehatan yang bagus, perlu diingat untuk selalu membatasi konsumsi keju secara berlebihan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2761 seconds (0.1#10.140)