Sandiga Uno Resmikan Kharisma Event Nusantara 2023

Sabtu, 28 Januari 2023 - 21:35 WIB
loading...
Sandiga Uno Resmikan Kharisma Event Nusantara 2023
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023. Acara ini digelar di Pelataran Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah. Foto/Syifa Fauziah
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023. Acara ini digelar di Pelataran Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur pada Sabtu (28/1/2023).

KEN 2023, dikatakan Sandiaga merupakan 110 event unggulan dari seluruh Sabang sampai Merauke. Acara tahun ini pun berbeda dari sebelumnya lantaran ada kategori baru.

“Di sini kita akan menemukan daya tarik wisata dan ekonomi kreatif yang luar biasa dan tahun ini kita juga menambahkan dengan sport, musik, dan kreatif event,” kata Sandiaga dalam konferensi pers di Pelataran Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (28/1/2023).

Sandiaga melihat kesuksesan KEN 2021 dan 2022 yang mampu mendorong dan menggerakkan ekonomi daerah. Tahun ini pihaknya mengajak pemerintah daerah untuk melakukan kolaborasi menghasilkan event yang lebih berkualitas.





“Di KEN tahun ini kita belajar dari KEN tahun lalu, berhasil meningkatkan 3 juta pergerakan wisatawan. Alhamdulillah, 11 ribu UMKM dan 55 ribu event telah terberdayakan dan 250 asosiasi dan komunitas,” jelas Sandiaga.

Sandiaga juga mengungkapkan event tahu ini dibuat berbeda. Jika sebelumnya menggunakan panggung yang tinggi dan berjarak, kini melalui asosiasi event-event, KEN 2023 dibuat lebih dekat sehingga bisa dirasakan manfaatnya bagi UMKM, mulai dari kuliner, fashion, dan kriya.

“Saya ingin mengajak masyarakat untuk terlibat di event-event. Saya sudah bicara sama Mendagri bahwa jangan sampai mengelola anggaran tidak berikan porsi yang cukup untuk event. Saya malah didorong gimana lebih inovatif," ungkap Sandiaga.

"Saya juga akan ajak para asosiasi untuk jemput bola datang ke daerah kabupaten dan provinsi untuk menawarkan event-event berkualitas. Jangan event ini dilakukan di ujung tahun tapi di awal tahun. Karena dengan menggerakan ekonomi di awal tahun ini kita bisa mendapat dampak yang lebih baik,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6008 seconds (0.1#10.140)