12 Penyebab Kanker Payudara yang Tak Disadari Seperti Diidap Nunung Srimulat

Kamis, 02 Februari 2023 - 12:45 WIB
loading...
12 Penyebab Kanker Payudara yang Tak Disadari Seperti Diidap Nunung Srimulat
Penyebab kanker payudara seperti yang diidap Nunung Srimulat sering tak disadari. Ini merupakan kanker mematikan dengan total 396.914 kasus baru di Indonesia. Foto/YouTube MOP Channel
A A A
JAKARTA - Penyebab kanker payudara seperti yang diidap Nunung Srimulat sering tak disadari. Padahal, ini merupakan jenis kanker paling mematikan dengan total 396.914 kasus baru di Indonesia.

Artinya, kanker payudara harus disikapi serius oleh semua orang, terkhusus perempuan sebagai kelompok paling rentan mengalami kanker payudara. Mengenali faktor risiko kanker payudara dapat membuat Anda lebih waspada untuk melakukan deteksi dini.

Kanker payudara sendiri merupakan kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Kanker ini terjadi ketika sel-sel pada jaringan di payudara tumbuh secara tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan area di sekitarnya.

Kanker payudara bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus) atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Selain itu, kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat dalam payudara.



Perlu dicatat, meski sering dialami perempuan, tapi kanker payudara bisa juga menyerang pria. Dirangkum dari situs resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (2/2/2023) berikut penyebab kanker payudara.

1. Haid pertama pada usia di bawah 12 tahun
2. Wanita yang tidak menikah
3. Wanita menikah tapi tidak punya anak
4. Melahirkan anak pertama di usia 30 tahun
5. Tidak menyusui
6. Menggunakan kontrasepsi hormonal dan/atau mendapat terapi hormonal dalam waktu yang cukup lama
7. Menopause pada usia lebih dari 55 tahun
8. Pernah operasi tumor jinak payudara
9. Punya riwayat kanker dalam keluarga
10. Wanita yang alami stres berat
11. Konsumsi lemak dan alkohol secara berlebihan
12. Perokok aktif dan pasif

Selain 12 penyebab tersebut, kanker payudara juga bisa dipicu karena mengonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu. Berikut di antaranya.

1. Daging Merah yang Dibakar

Steak atau sate punya efek yang kurang baik bagi kesehatan payudara lantaran bisa menyebbakan terbentuknya sel kanker di payudara. Meski tidak langsung, namun mengonsumsi dalam jumlah banyak dan jangka panjang dapat memicu kanker payudara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)