Peneliti Baylor University AS : Ini 3 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Ikan dan Kerang ala Orang Eskimo di Greenland

Kamis, 02 Februari 2023 - 13:24 WIB
loading...
Peneliti Baylor University AS : Ini 3 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Ikan dan Kerang ala Orang Eskimo di Greenland
Cara menurunkan kolesterol dengan ikan dan kerang ala orang Eskimo di Greenland sangat menarik untuk dibahas. / Foto: ilustrasi/johntyman.com
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan ikan dan kerang ala orang Eskimo di Greenland sangat menarik untuk dibahas. Hal ini diungkap di dalam salah salah jurnal ilmiah Baylor University di Amerika Serikat.

Jurnal ilmiah yang ditulis Robert Rosenthal dari Baylor University di Amerika Serikat menyebutkan bahwa orang Eskimo memiliki tingkat kematian karena jantung koroner lebih rendah dibandingkan orang Denmark. Kedua bangsa ini menjadi objek penelitian di dalam jurnal tersebut.

Orang Eskimo yang tinggal di Greenland yang notabene suhunya sangat dingin, mampu menerapkan hidup sehat. Pola hidup sehat ini membuat mereka bisa terhindar dari penyakit kolesterol tinggi yang menyebabkan penyakit jantung koroner.

Baca juga: 12 Penyebab Kanker Payudara yang Tak Disadari Seperti Diidap Nunung Srimulat

Di dalam jurnal tersebut, diketahui terdapat 3 cara menurunkan kolesterol dengan ikan dan kerang ala orang Eskimo, yakni:

1. Makan Ikan 3 Kali Seminggu

Jurnal tersebut menyebutkan bahwa mengonsumsi ikan 3 kali seminggu bisa menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung koroner.

Robert Rosenthal dalam jurnalnya menyebutkan, mengonsumsi 200-300 gram ikan seminggu sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan kemungkinan penyakit jantung koroner seperti orang Eskimo.

Ikan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi antara lain ikan teri, salmon, ikan harring, sarden, dan ikan kembung.

2. Mengonsumsi Kapsul Minyak Ikan Kaya Omega-3

Minyak ikan kaya Omega-3 banyak sekali tersedia. Mengonsumsi minyak ikan kaya Omega-3 bisa menjadi alternatif bagi yang tidak suka ikan.

Di dalam jurnal ilmiahnya, Robert Rosenthal menyebutkan bahwa kebutuhan Omega-3 yang dibutuhkan adalah 2-3 gram per hari. Minyak ikan dengan konsentrasi Omega-3 30% menjadi rekomendasi untuk menurunkan kolesterol.

Produk kapsul minyak ikan sangat beragam di pasaran. Konsentrasi Omega-3 yang tersedia di pasaran mulai dari 30-85%.

3. Makan Kerang-Kerangan 3 Kali Seminggu

Jurnal tersebut menyebutkan bahwa mengonsumsi kerang 3 kali seminggu bisa menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung koroner.

Peneliti di dalam jurnalnya menyebutkan mengonsumsi 200-300 gram kerang seminggu sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan kemungkinan penyakit jantung koroner seperti orang Eskimo.

Kerang mengandung sekitar 798 miligram omega-3 dalam 190 gram kerang. Kerang juga mengandung vitamin B12 yang juga berguna meningkatkan daya ingat dan sistem kerja otak.

Ketiga cara di atas disebutkan di dalam jurnal tersebut mampu menurunkan kadar trigliserida dan chylomicron sebanyak 60-90%. Hal ini tentu sangat baik untuk menghindari penyakit jantung koroner.

Di dalam jurnal ilmiah tersebut, orang Eskimo disebutkan sering mengonsumsi menu diet kolesterol dan lemak tinggi. Orang Eskimo banyak mengonsumsi ikan di dalam menu makanan sehari-harinya.

Baca juga: 5 Manfaat Positif Bayam Merah yang Jarang Diketahui

Ikan-ikan yang disebutkan di atas mengandung asam lemak Omega-3 EPA dan DHA (Docosahexaenoic Acid). Asam lemak ini bisa menurunkan konstrasi trigliserida dan VLDL (very low density lipoprotein).
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3520 seconds (0.1#10.140)