Suti Karno Adaptasi Pakai Kaki Palsu usai Diamputasi karena Diabetes

Jum'at, 03 Februari 2023 - 16:16 WIB
loading...
Suti Karno Adaptasi Pakai Kaki Palsu usai Diamputasi karena Diabetes
Suti Karno kini memakai kaki palsu usai kaki kanannya diamputasi karena diabetes yang diidapnya selama 18 tahun. Suti pun harus beradaptasi dengan kaki barunya. Foto/Instagram Suti Karno
A A A
JAKARTA - Suti Karno kini memakai kaki palsu usai kaki kanannya diamputasi karena penyakit diabetes yang diidapnya selama 18 tahun. Suti pun harus beradaptasi dengan kaki barunya.

Suti mengaku masih panjang perjuangannya untuk bisa kembali berjalan normal dengan kaki palsunya itu. Dia harus terus berlatih hingga bisa beraktivitas seperti biasanya.

"Saya harus belajar beradaptasi sama kaki palsu. Ini baru dua hari, belum bisa jalan yang yang benar," kata Suti di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2023).

Pemeran Atun dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu pun menganggap kaki palsunya sebagai sepatu. Karena itu, dia melepasnya saat tidur.



"Lepas pasang kayak pake sepatu aja. Capek kalau kelamaan. Ini kan diikat ke lutut saya, sakit," jelas Suti.

"Karena saya amputasinya di bawah lutut. Saya di atas mata kaki kira-kira 10 cm. Kalau mau tidur di lepas, di mobil aja dilepas," sambungnya.

Selain beradaptasi dengan kaki barunya, Suti juga menjalankan gaya hidup sehat. Dia kini lebih memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsinya.

Termasuk harus merelakan sejumlah makanan dan minuman favoritnya. Mulai dari mie ayam hingga es teh manis yang biasanya sering dikonsumsi.



"Paling tidak saya harus makan di jamnya makan. Saya harus kontrol diri saya sendiri jadi ya lebih mencintai diri saya sendiri," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)