Hari Kanker Sedunia 2023, Dokter Dorong Penderita Tak Hentikan Kegiatan

Sabtu, 04 Februari 2023 - 12:35 WIB
loading...
Hari Kanker Sedunia 2023, Dokter Dorong Penderita Tak Hentikan Kegiatan
Hari Kanker Sedunia 2023 jatuh pada 4 Februari. Untuk memperingati momen ini, dokter mendorong penderita tetap beraktivitas dan tidak menghentikan kegiatan. Foto/Vecteezy
A A A
JAKARTA - Hari Kanker Sedunia 2023 jatuh pada 4 Februari. Untuk memperingati momen ini, dokter pun mendorong penderita untuk tetap beraktivitas dan tidak menghentikan kegiatan mereka.

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi dr M Yadi Permana, SpB(K)Onk mengajak kepada para penderita kanker untuk tidak mengubur masa depannya karena penyakit kanker yang diderita.

Sebab, masih ada harapan sel kanker di tubuh dapat dimatikan dan penderita bisa kembali hidup sehat serta balik ke lingkungan sosial seperti sebelumnya.

"Kami mengimbau kepada para penderita kanker untuk tidak menghentikan kegiatan selagi masih bisa dilakukan. Jangan jadikan penyakit sebagai penghalang," kata dr Yadi dalam webinar beberapa waktu lalu.





"Jadi, tidak ada itu istilah stop kegiatan karena penyakit kanker. Tidak ada kekhususan bahwa pasien kanker tidak boleh melakukan hal yang bikin capek selama pasien merasa baik-baik saja," sambungnya.

Namun, untuk pasien kanker yang sedang kemoterapi, dr Yadi menyarankan agar tidak terlalu capek karena bekerja tapi bukan berarti tidak boleh bekerja. Dia pun menyarankan untuk bekerja dari rumah.

"Kami sarankan juga untuk selalu pakai masker di minggu pertama kemoterapi, karena di fase itu imunitas tubuh sedang sangat turun, membuat Anda rentan terpapar penyakit," saran dr Yadi.

Sementara itu, dukungan komunitas dan lingkungan sekitar pasien kanker sangat diperlukan. Semangat yang diberikan bisa membantu menaikkan imunitas tubuh para pasien.



"Jadi, kami mendorong agar penderita kanker tetap beraktivitas seperti biasa sesuai dengan kemampuannya. Dukungan dari orang sekitar juga penting, karena itu mood booster untuk pasien," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)