Apa Penyebab Gagal Ginjal pada Anak? Orang Tua Wajib Tahu

Rabu, 08 Februari 2023 - 17:29 WIB
loading...
Apa Penyebab Gagal Ginjal pada Anak? Orang Tua Wajib Tahu
Apa penyebab gagal ginjal pada anak? Pertanyaan ini banyak dicari para orang tua, imbas kasus EG dan DEG dalam obat sirup yang menyebabkan GGAPA. / Foto: ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Apa penyebab gagal ginjal pada anak? Pertanyaan ini lagi banyak dicari jawabannya oleh para orang tua, imbas kasus etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam obat sirup yang menyebabkan gangguan ginjal akut pada anak (GGAPA).

Gagal ginjal adalah kondisi di saat fungsi ginjal tidak berjalan dengan baik karena ada kerusakan pada ginjal. Kondisi gagal ginjal umumnya merupakan tahap akhir dari penyakit ginjal lainnya.

Gagal ginjal sendiri merupakan suatu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia --data menurut laman resmi Siloam Hospitals-. Penyakit ini bisa menyerang semua usia, termasuk pada anak-anak.

Baca juga: BPOM Sebut Obat Sirup yang Diminum Pasien Gagal Ginjal Akut di Jakarta Boleh Digunakan

Dikatakan di laman tersebut, gagal ginjal pada anak terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Acute kidney injury (AKI) yang adalah kondisi gagal ginjal secara mendadak. AKI bisa diakibatkan oleh penyumbatan saluran urine, gangguan pada aliran darah ke ginjal, atau masalah pada ginjal itu sendiri.

2. Chronic kidney disease (CKD) atau kondisi gagal ginjal yang ditandai dengan penurunan fungsi ginjal secara bertahap, dapat terjadi selama 3 bulan atau lebih. Itu akibat kerusakan pada jaringan ginjal.

Lalu, apa penyebab gagal ginjal pada anak?

Penyebab gagal ginjal adalah kerusakan ginjal yang cukup parah atau terjadi dalam waktu yang lama, sehingga terjadi penumpukan kadar garam serta bahan kimia lain pada tubuh.

Ada beberapa faktor pemicu yang bisa menyebabkan gagal ginjal pada anak, meliputi:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)