Tingkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan dengan 6 Langkah Mudah Berikut Ini

Kamis, 09 Februari 2023 - 12:14 WIB
loading...
Tingkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan dengan 6 Langkah Mudah Berikut Ini
Beberapa masalah pencernaan yang kerap dialami banyak orang adalah asam lambung, sembelit, mulas, hingga diare. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Memiliki kesehatan usus yang baik ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan ini dapat dilakukan secara simpel.

Beberapa masalah pencernaan yang kerap dialami banyak orang adalah asam lambung, sembelit, mulas, hingga diare. Kendati kerap diderita kebanyakan orang, hal ini tentunya tidak bisa dipandang sebagai kewajaran.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan perlu ditingkatkan lagi. Pasalnya, kondisi usus berdampak pada setiap bagian tubuh yang lain, seperti kulit, imunitas, siklus tidur, dan lainnya.

Baca juga: Daftar Rumah Sakit yang Tidak Menerima BPJS Kesehatan di Jakarta

Guna meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti dikutip dari Health Shots, Kamis (9/2/2023), berikut ini.

1. Makan Lebih Banyak Serat

Serat membantu menjaga kesehatan usus besar. Makanan yang mengandung serat dapat membuat feses lunak, dan mempercepat waktu transit melalui usus besar, dan mencairkan efek dari senyawa beracun, sekaligus membantu menghilangkan bakteri jahat. Mengonsumsi sayur-sayuran, dan buah yang mengandung serat tinggi setiap hari untuk memperlancar sistem pencernaan.

2. Konsumsi Makanan Pahit

Tingkatkan asupan makanan pahit seperti teh dandelion, arugula, bayam, kunyit, dan kangkung. Makanan ini dapat membantu merangsang produksi alami enzim pencernaan dan empedu untuk memecah kebaikan dengan lebih efisien!

3. Kurangi Makanan Olahan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)