Latar Belakang Hari Valentine 14 Februari, Legenda Pendeta di Roma

Jum'at, 10 Februari 2023 - 14:08 WIB
loading...
Latar Belakang Hari Valentine 14 Februari, Legenda Pendeta di Roma
Hari Valentine biasanya dirayakan pada 14 Februari. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Hari Valentine biasanya dirayakan pada 14 Februari . Hampir seluruh dunia merayakan hari yang umumnya disebut sebagai hari kasih sayang itu.

Valentine biasanya dirayakan dengan orang-orang tercinta, bertukar hadiah, mengirim kartu ucapan sebagai penanda kasih sayang serta menghabiskan waktu bersama.

Baca juga : Hari Valentine, Ini Sejarah, Makna dan Perayaannya

Namun jika merunut lagi jauh sebelum ada perayaan valentine, sebenarnya bagaimana Valentine terbentuk serta apa yang melatarbelakanginya?

Dalam sejarahnya, Valentine datang dari sebuah legenda pendeta dari Roma bernama Valentine yang memiliki kisah hidup yang tragis. Legenda ini telah menceritakan bahwa pendeta Valentine dipukuli dan berakhir kisah hidupnya dengan cara dipancung pada 14 Februari 271 Masehi.

Bentuk eksekusi tersebut merupakan sebuah hukuman untuknya karena Pendeta Valentine sudah dianggap menentang seluruh kebijakan dari seorang Kaisar yang bernama Claudius II yang dikenal kejam terhadap rakyatnya.

Kekejaman dari Claudius II di antaranya memaksa rakyat untuk berperang, melarang pertunangan hingga melarang rakyatnya untuk melakukan pernikahan. Hal ini terjadi karena kaisar membutuhkan banyak prajurit untuk perang.

Sayangnya pendeta Valentine ini menentang kebijakan tersebut dan berusaha diam-diam menikahkan pasangan-pasangan muda di Roma. Tindakan tersebut ternyata tercium oleh kaisar dan Pendeta Valentine ditangkap dan dihukum.

Selama mendekam di penjara, Valentine bertemu dengan sipir bernama Asterius. Sipir yang satu ini sangat mengejek kemampuan dari Valentin sebagai Imam Katolik dengan menantang sang pendetanya untuk menyembuhkan putrinya bernama Julia karena terlahir buta.

Baca juga : Sejarah Perayaan Hari Valentine yang Perlu Kalian Tahu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)