Apakah Childfree Bisa Membuat Awet Muda seperti Kata Gitasav?

Jum'at, 10 Februari 2023 - 14:59 WIB
loading...
Apakah Childfree Bisa Membuat Awet Muda seperti Kata Gitasav?
Apakah childfree bisa membuat awet muda seperti kata Gitasav? / Foto: Instagram @gitasav
A A A
JAKARTA - Apakah childfree bisa membuat awet muda seperti kata Gitasav? Isu terkait childfree belakangan ini tengah ramai diperbincangkan.

Bahkan, childfree diklaim bisa membuat awet muda oleh influencer Gita Savitri Devi alias Gitasav. Akhirnya pernyataan itu pun membuat geger media sosial. Ya, penyataan Gitasav itu dikritisi banyak warganet.

Mulanya, di akun Instagramnya, Gitasav merespons pujian netizen yang memuji dirinya awet muda walau usia sudah 30 tahun. Mendapat komentar tersebut, Gitasav menyahut jika rahasia awet mudanya adalah dengan childfree alias tidak punya anak.

Baca juga: Gita Savitri Sempat Ingin Punya 2 Anak sebelum Memutuskan Childfree

Bahkan, Gitasav menyebut, memiliki anak adalah beban, karena dia tidak bisa tidur 8 jam sehari, hingga tak punya waktu untuk perawatan. Lantas, benarkah apa yang seperti disebutkan Gitasav bahwa childfree membuat awet muda? Berikut ulasannya, seperti dilansir dari laman Time, Jumat (10/2/2023).

Tidak dimungkiri, kesenangan hidup yang paling luhur adalah menjadi orang tua. Kehadiran seorang anak tentu membawa kebahagiaan dan cinta di dalam keluarga.

Namun, tak bisa dimungkiri juga bahwa memiliki seorang anak dapat menimbulkan kerugian fisik pada tubuh ibu karena melahirkan anak.

Orang tua juga harus membayar kebahagiaan memiliki seorang anak dengan malam-malam tanpa tidur, kekhawatiran yang terus-menerus, dan jam kerja yang panjang.

Kortisol, hormon stres, hadir dalam kadar yang jauh lebih tinggi dalam darah orang-orang yang terlalu banyak bekerja dan terlalu cemas, termasuk menjadi orang tua. Hal itu secara tidak langsung dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, hingga meningkatkan tekanan darah.

Kendati demikian, hal tersebut tampaknya terlalu berlebihan juga untuk dikhawatirkan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2016, para ilmuwan University of California San Diego menemukan bahwa wanita yang memiliki anak 11% lebih mungkin untuk hidup hingga usia 90-an.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)