Yoo Ah In Terancam Dipenjara 10 Tahun dan Denda Rp1,1 Miliar Imbas Gunakan Propofol Ilegal

Minggu, 12 Februari 2023 - 18:05 WIB
loading...
Yoo Ah In Terancam Dipenjara 10 Tahun dan Denda Rp1,1 Miliar Imbas Gunakan Propofol Ilegal
Yoo Ah In terancam dipenjara 10 tahun dan denda USD79 ribu atau Rp1,1 miliar atas penggunaan propofol secara ilegal. Propofol adalah obat penenang dan anestesi. Foto/Soompi
A A A
JAKARTA - Yoo Ah In terancam dipenjara 10 tahun dan denda USD79 ribu atau Rp1,1 miliar atas penggunaan propofol secara ilegal. Propofol adalah obat penenang dan anestesi yang digunakan untuk membantu pasien rileks atau tidur sebelum dan selama operasi atau prosedur medis lainnya.

Dilansir dari Kdrama Stars, Minggu (12/2/2023) penggunaan propofol untuk prosedur non-medis di Korea Selatan termasuk ilegal.

Unit investigasi kejahatan narkoba di bawah Kepolisian Metropolitan Seoul memeriksa Yoo Ah In pada Senin, 6 Februari 2023 karena dicurigai melanggar Undang-Undang Pengendalian Narkotika. Polisi memeriksa aktor tersebut atas tuduhan biasa diresepkan propofol melalui kunjungan berulang ke beberapa rumah sakit.

Penyelidikan dimulai ketika Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan (MFDS) mendeteksi resep propofol yang sering diberikan kepada Yoo Ah In. Kasus ini kemudian dilaporkan kepada polisi.



Selama penyelidikan berlangsung, polisi memeriksa rambut Yoo Ah In dan meminta tes narkoba ke National Forensic Service. Polisi juga menemukan bahwa bintang Hellbound itu telah menggunakan zat tersebut selama bertahun-tahun.

Menurut Donga Ilbo, aktor ini telah diselidiki sejak November 2022 dan menemukan resep propofol Yoo Ah In di berbagai rumah sakit pada 2021. Polisi kemudian memperluas penyelidikan mereka dengan memverifikasi dan memeriksa rumah sakit di sekitar Gangnam-gu dan Yongsan-gu, Seoul.

Pada 8 Februari 2023 dan 9 Februari 2023, polisi melakukan penggeledahan dan penyitaan di berbagai kantor dokter dan klinik di dua distrik tersebut. Mereka diduga memberikan propofol secara ilegal kepada Yoo Ah In sejak awal 2021.

Agensi Yoo Ah In, UAA, mengakui bahwa artis Korea 36 tahun itu sedang diselidiki terkait penggunaan propofol. Melalui pernyataan resminya, agensi itu berjanji sang artis akan kooperatif selama penyelidikan berlangsung.



“Yoo Ah In baru-baru ini diselidiki oleh polisi terkait penggunaan propofol. (Yoo Ah In) secara aktif bekerja sama dengan semua investigasi,” kata agensi tersebut.

Selain Yoo Ah In, sejumlah tokoh berpengaruh termasuk Ketua Samsung Lee Jae Yong dan aktor Ha Jung Woo telah didenda karena penyalahgunaan propofol ilegal.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5500 seconds (0.1#10.140)