ATF 2023 Sukses Digelar, Sandiaga Uno: Ternyata Dampaknya Sangat Luar Biasa

Senin, 13 Februari 2023 - 19:15 WIB
loading...
ATF 2023 Sukses Digelar, Sandiaga Uno: Ternyata Dampaknya Sangat Luar Biasa
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengaku dirinya belum bisa move on atau lupa dengan kesuksesan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang digelar pada 2-5 Januari 2023 lalu. Foto/Dok.MNC Media
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengaku dirinya belum bisa move on atau lupa dengan kesuksesan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang digelar pada 2-5 Januari 2023 lalu.

Sebab, dampak dari event berskala internasional itu, memilki dampak positif yang sangat luar biasa bagi pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) di Yogyakarta.

"Saya belum move on dari ATF 2023 yang ternyata memberikan dampak sangat luar biasa," ujarnya dalam Weekly Press Brief With Sandi Uno secara virtual, Senin (13/02/2023).

"Ini kami ucapkan betul-betul, dan apresiasi kepada semua pihak yang sudah menyukseskan ASEAN Tourism Forum 2023," tambahnya.



Sandiaga Uno menegaskan, untuk data sementara menunjukkan hasil dari business to customer (B2C) selama ATF 2023 lebih dari Rp8 miliar. Selanjutnya business to business (B2B), tercatat nilai transaksi yang didapat melebihi Rp500 miliar.

Lebih lanjut, kata dia, dampak yang dirasakan usai ATF 2023 adalah pada sektor ekraf di Yogyakarta dan sekitarnya kian meningkat. Nilai transaksi yang didapat yaitu di atas Rp5 miliar.

"Dan yang paling membanggaakan, dampak ekonomi baik langsung dan tidak langsung untuk DIY Yogyakarta dan sekitarnya," terangnya.

Selain itu terdapat juga sesi B2C yang akan menjadi tempat transaksi langsung antara business kepada customer melalui Pameran Pariwisata Indonesia, Festival Kuliner, dan Pameran UMKM Ekonomi Kreatif. Sesi B2C ini merupakan catatan sejarah karena merupakan yang pertama dalam sejarah ATF.

Untuk menaikan dan membangkitkan penjualan, diadakan pula program promo gratis ongkir. Produk-produk di pameran ini bisa dikirim ke seluruh ASEAN tanpa biaya.

Tak hanya itu saja, di event internasional ini juga menghadirkan pameran seni. Sejumlah lukisan dan patung karya seniman Indonesia dipamerkan ke ke seluruh pengunjung, baik nasional maupun internasional.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)