Selain Membersihkan Badan, Ini Beragam Manfaat Mandi yang Wajib Diketahui

Kamis, 16 Februari 2023 - 05:16 WIB
loading...
Selain Membersihkan Badan, Ini Beragam Manfaat Mandi yang Wajib Diketahui
Mandi ternyata bukan sekadar menjaga kebersihan tubuh, namun aktivitas membersihkan badan ini juga bisa membantu meningkatkan energi serta mood. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Mandi ternyata bukan sekadar menjaga kebersihan tubuh. Namun, aktivitas membersihkan badan ini juga bisa membantu meningkatkan energi serta mood.

Sedikitnya terdapat 4 manfaat positif yang bisa diperoleh dari mandi, baik dengan air dingin maupun hangat. Seperti dinukil dari laman Wellness Workdays, berikut informasinya.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan mandi, selain tubuh menjadi bersih tetapi juga dapat meningkatkan kadar hormon penambah suasana hati, seperti norepinefrin dan serotonin.

Baca juga: Anak-Anak Juga Bisa Terserang Maag, Begini Imbauan Dokter untuk Orang Tua

Hormon-hormon ini membantu memberi Anda perasaan berenergi dan bahagia, yang pada akhirnya mengarah pada meningkatnya kepercayaan diri.

2. Mengurangi Kecemasan

Faktanya, mandi telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental. Ini karena mandi air hangat dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Reaksi tubuh terhadap suhu hangat, secara alami dapat melemaskan otot dan pikiran Anda. Karena mekanisme ini, risiko gejala depresi menjadi lebih rendah setelah mandi.

Mandi juga bisa menjadi salah satu bentuk meditasi atau berfungsi sebagai media untuk istirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Bahkan mandi di malam hari dapat membantu Anda rileks dan mengantuk sebelum tidur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)