Sambut Kejuaraan Dunia F1 PowerBoat 2023, Danau Toba Siap Pikat Wisatawan Mancanegara

Senin, 20 Februari 2023 - 14:13 WIB
loading...
A A A
Berwisata ke Danau Toba, pengunjung juga dapat memanjakan lidah dengan sensasi beragam kuliner khas yang lezat. Untuk yang mencari makanan halal, jangan lewatkan Dekke Na Niarsik atau yang kerap disebut Ikan Mas Arsik. Terbuat dari ikan mas yang dimasak hingga kering menggunakan berbagai macam bumbu di antaranya Andaliman, biji lada khas Sumatera Utara.

Andaliman yang merupakan tanaman spesies endemik Danau Toba, keberadaannya dewasa ini semakin menjadi perhatian seiring dengan berbagai produk makanan yang berbahan dasar bumbu khas Tanah Batak tersebut semakin banyak diminati masyarakat. Dengan inovasi, kini masyarakat dapat menikmati olahan andaliman dalam bentuk pizza andaliman, bandrek, sambal dan lainnya.

Sebagai bentuk persiapan untuk menyambut wisatawan mancanegara, pemerintah telah menyiapkan pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya. Kemenparekraf bersama kementerian/lembaga dan pihak terkait lainnya dikatakan Sandiaga juga telah memastikan kesiapan sumber daya manusia (SDM), yakni dengan melibatkan masyarakat dalam penyiapan homestay, paket desa wisata, termasuk pengembangan produk UMKM lokal.

Kemenparekraf juga sebelumnya telah melakukan pendampingan mulai dari pelatihan hospitality, sosialisasi sadar wisata dan lainnya. “Hospitality ini penting, jangan sampai banyak wisatawan yang datang ke Danau Toba akhirnya kecewa. Kita harus memastikan dampak event ini dapat lebih menetes pada UMKM setempat, karenanya kami melakukan pelatihan-pelatihan dan penguatan rantai pasok sehingga nantinya di hotel ataupun homestay yang digunakan adalah produk-produk lokal," tutur Sandiaga.

Sejumlah kegiatan pendukung di sekitar arena juga telah dipersiapkan untuk memeriahkan F1 PowerBoat yaitu festival kuliner, nonton bareng, dan pameran UMKM. Kegiatan ini juga akan diramaikan dengan hiburan yang menampilkan artis, festival bakar ikan dan atraksi seni budaya dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara.

"Harapannya event ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan sebesar 3,7 persen dalam dua tahun setelah event berlangsung. F1 PowerBoat ini diprediksi akan meraih 180 juta impresi digital dan dampak ekonomi sebesar Rp212 miliar terhadap ekonomi Provinsi Sumatera Utara,” ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan ini, Menparekraf juga mengimbau para pengunjung yang akan menonton F1 PowerBoat dan berwisata di kawasan Danau Toba, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, cuci tangan secara berkala, serta telah mendapat vaksin booster.

Kunjungi website indonesia.travel dan ikuti akun Instagram @pesona.indonesia, TikTok @pesonaindonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, serta Youtube Pesona Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pariwisata, ekonomi kreatif, serta event menarik #DiIndonesiaAja.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)