Apa Saja Keistimewaan Danau Toba yang Akan Jadi Lokasi Ajang F1 Power Boat H20? Ini Dia Daftarnya

Senin, 20 Februari 2023 - 15:34 WIB
loading...
Apa Saja Keistimewaan Danau Toba yang Akan Jadi Lokasi Ajang F1 Power Boat H20? Ini Dia Daftarnya
Danau Toba memiliki pesona yang sudah tidak diragukan lagi. Foto/iStock
A A A
SAMOSIR - Danau Toba memiliki pesona yang sudah tidak diragukan lagi. Danau alami yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini adalah salah satu destinasi wisata menakjubkan yang memadukan antara keindahan alam dengan keunikan tradisi budaya.

Keindahan alam Danau Toba sering kali menjadi ikon pariwisata Indonesia. Danau Toba selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tujuan wisata terbaik Tanah Air.

Terletak di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Danau Toba memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Sebagai danau alami terluas di Indonesia, Toba terbentuk dari letusan supermasif gunung berapi pada 70.000 tahun lalu.



Berikut sederet keistimewaan yang dimiliki Danau Toba, dilansir dari berbagai sumber, Senin (20/2/2023).

1. Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Danau Toba adalah sebuah danau yang terbentuk dari erupsi gunung berapi, yaitu Gunung Toba, yang terjadi sekitar 70.000 tahun lalu. Karena letusan tersebut, Gunung Toba memuntahkan material letusannya dan membuat kawah yang berada di sekitarnya berubah menjadi danau.

Dengan kejadian alam tersebut, kini Danau Toba menjadi danau terbesar dan juga terindah yang ada di dunia dengan luas danau yang mencapai 1.145 kilometer persegi serta kedalaman yang mencapai 450 meter. Belum lagi, di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir, pulau vulkanik yang luasnya hampir sama dengan wilayah Singapura.

2. Kekayaan Hayati Danau Toba

Menikmati pesona biru permukaan Danau Toba mungkin kerap dilakukan oleh sebagian besar wisatawan. Namun, pernahkah Anda menengok anugerah alam yang terdapat di bawah permukaan Danau Toba itu sendiri?

Ternyata, Danau Toba memiliki kekayaan hayati yang dapat memenuhi pangan masyarakat sekitar maupun meningkatkan ekonomi setempat karena dapat diperdagangkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)