Benarkah Childfree Bikin Awet Muda? Ini Penjelasan Dokter Estetika

Senin, 20 Februari 2023 - 19:55 WIB
loading...
Benarkah Childfree Bikin Awet Muda? Ini Penjelasan Dokter Estetika
Dokter estetika yang juga influencer dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS, mengatakan pilihan untuk childfree adalah sah-sah saja. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Jagat media sosial baru-baru ini dihebohkan dengan pernyataan selebgram Gita Savitri alias Gitasav yang menyebut keputusannya untuk tidak punya anak atau childfree membuatnya awet muda .

Alhasil, keputusan dan pernyataan influencer Gita Savitriyang menganut childfree mengundang beragam komentar. Ada yang menganggap wajar, tapi tidak sedikit yang menyebutnya aneh. Gita pun menuai kritik bahkan hujatan dari netizen, lantas apa betul Childfree bisa bikin awet muda?

Dokter estetika yang juga influencer dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS, mengatakan pilihan untuk childfree adalah sah-sah saja. Namun, ketika pertimbangannya hanya untuk menjaga awet muda, maka hal itu bisa dibilang kurang tepat.

Pasalnya, banyak faktor yang membuat seseorang, khususnya perempuan bisa awet muda. Sebagai perempuan yang juga memilih childfree, Abelina menerima banyak pertanyaan dari pengikutnya di media sosial.



Dari sisi medis, proses kehamilan dan melahirkan memang secara fisik membuat lebih tua. "Hamil dan melahirkan jadi memperpendek telomere yang melindungi DNA membuat jadi cepat tua sudah terbukti secara penelitian. Hamil mempercepat penuaan dalam level seluler," kata Abelina Dini Fitria.

Model sekaligus dokter estetika tersebut juga menjelaskan untuk hamil memang butuh pengorbanan. Pada saat itu, seorang ibu mengorbankan banyak hal, bahkan seperti membelah diri untuk memberikan hidup ke anaknya.

"Pas lahiran, sang ibu mempertaruhkan hidupnya. Kalau mau punya anak ya harus berkorban. Toh bagi ibu yang mau punya anak, hadiah yang didapatkan lebih besar dari sekadar lebih cepat tua. Terus kalau tiap hari kena siram dopamine dari bahagia punya anak, toh bikin jadi awet muda," tegasnya.

"Yang salah kalau ga mau punya anak dipaksa punya anak, jadinya kerusakannya dobel tripel kan?" ungkap dokter yang memilih untuk childfree karena memang tak ingin punya anak dan siap menerima konsekuensinya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2642 seconds (0.1#10.140)