Sandiaga Uno Minta UMKM Dilibatkan dalam Tiap Penyelenggaraan Event agar Naik Kelas

Selasa, 21 Februari 2023 - 15:30 WIB
loading...
Sandiaga Uno Minta UMKM Dilibatkan dalam Tiap Penyelenggaraan Event agar Naik Kelas
Menparekraf Sandiaga Uno usai membuka Indonesia Event Management Summit (IVES) 2023 di Jakarta, Selasa (21/2/2023). Foto/MPI/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta pelaku UMKM dilibatkan dalam setiap penyelenggaraan event di Tanah Air. Tujuannya agar UMKM dapat naik kelas.

"UMKM harus dilibatkan dalam event-event kita. UMKM ini juga harus naik kelas," kata Sandiaga Uno saat membuka Indonesia Event Management Summit (IVES) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Selasa (21/2/2023).

Untuk mendukung hal tersebut, kata Sandiaga, nanti bakal diadakan sertifikasi untuk para pelaku UMKM. Dengan begitu usaha yang semula masuk kategori mikro akan menjadi kecil, lalu dari kecil berubah jadi menengah, dan pada suatu hari bisa menjadi besar serta berkesempatan mengikuti Initial Public Offering (IPO).



"Ada juga komunitas GEKRAF misalnya. Ini harus membina UMKM," ujar Menparekraf.

Sandiaga menambahkan, jika dibedah lebih dalam berdasarkan bidang usahanya, UMKM berbasis kuliner menduduki posisi paling atas. Kedua adalah fesyen, dilanjutkan di urutan ketiga yaitu kriya.

Sementara untuk bidang sport, musik, dan lain-lain diharapkan ke depannya dapat terkurasi dengan cara berkolaborasi.

Melalui IVES 2023, Sandiaga berharap, dapat mewujudkan itu semua dan UMKM dapat segera naik kelas, menyesuaikan dengan level masing-masing.

"Kita harapkan IVES 2023 ini jadi event tahunan untuk mendorong kebangkitan ekonomi kita," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)