Desa Hakuba Suguhkan Panorama Alam yang Indah di Pegunungan Alpen Jepang

Selasa, 21 Februari 2023 - 21:13 WIB
loading...
Desa Hakuba Suguhkan Panorama Alam yang Indah di Pegunungan Alpen Jepang
Di wilayah Nagano terdapat desa yang wajib jadi tujuan ketika Jepang, yakni Hakuba, yang terletak di kaki Gunung Hida, bagian utara Pegunungan Alpen Jepang. / Foto: Arie Dwi Satrio
A A A
NAGANO - Jepang menjadi salah satu negara tujuan impian bagi banyak wisatawan internasional. Hampir di setiap wilayah di Negara Sakura itu memiliki daya tarik tersendiri. Misalnya seperti di Prefektur Nagano.

Ya, di wilayah Nagano terdapat sebuah desa yang wajib jadi tujuan ketika Jepang, yakni Desa Hakuba, yang terletak di kaki Gunung Hida, bagian utara Pegunungan Alpen Jepang.

Hakuba terkenal sebagai surganya para peseluncur salju atau pegiat olahraga ski. Hakuba sendiri pernah menjadi tuan rumah cabang olahraga ski Olimpiade Musim Dingin Nagano 1998. Sisa-sisa peninggalan pesta olahraga empat tahunan tersebut masih terawat hingga kini.

Baca juga: Istana Kekaisaran Tokyo, Bekas Benteng Edo Keturunan Tokugawa yang Terawat hingga Kini

Kendati disebut desa, namun Hakuba mempunyai daratan yang sangat luas. Luasnya sekitar 189,37 km2. Di mana, 90 persen datarannya didominasi pengunungan dan hutan. Desa Hakuba sendiri berada di ketinggian antara 598 hingga 2.932 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Panorama alam untuk menuju Desa Hakuba sangat indah. Di sepanjang jalan Desa Hakuba, tampak terbentang Pegunungan Alpen Jepang mirip Alpen di Swiss. Pada pertengahan Desember hingga Maret, hamparan salju menutupi Desa Hakuba. Beberapa danau tampak memperindah panorama. Sementara saat musim panas, sepanjang mata memandang akan terhampar ladang serta persawahan.

Desa Hakuba Suguhkan Panorama Alam yang Indah di Pegunungan Alpen Jepang
(Foto: Arie Dwi Satrio)

Mayoritas penduduk Desa Hakuba hidup dari dunia pariwisata, sebagian lainnya bertani. Salah satu pariwisata yang paling terkenal yaitu Hakuba Goryu Snow Resort. Letak Hakuba Goryu Snow Resort tak jauh dari museum bekas Olimpiade Musim Dingin Nagano 1998. Di Hakuba Goryu Snow, banyak peselancar dari berbagai belahan dunia berlatih ski.

"Desa Hakuba adalah desa yang kecil, tapi dalam setahun, dua juta wisatawan datang ke Desa Hakuba ini," ujar Manajer Asosiasi Pariwisata Desa Hakuba, Yozhisawa Hirokazu di Hakuba, Prefektur Nagano, Jepang, Sabtu, 18 Februari 2023.

Melalui program Jenesys 2022 Japan International Cooperation Center (JICE), MPI diberi kesempatan mencoba menjelajahi hutan bersalju di Desa Hakuba hingga melihat penginapan-penginapan kecil yang dikelola warga lokal. Masyarakat Desa Hakuba menjadikan rumah-rumah mereka sebagai penginapan bagi para wisatawan, dan menolak investor asing membangun hotel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)