Fesyen Jadi Andalan Ekspor, Sandiaga Uno: Indonesia Semakin Sejahtera

Rabu, 22 Februari 2023 - 23:24 WIB
loading...
Fesyen Jadi Andalan Ekspor, Sandiaga Uno: Indonesia Semakin Sejahtera
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berharap industri ekonomi kreatif, khususnya fesyen bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. / Foto; Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berharap industri ekonomi kreatif, khususnya fesyen bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Menurutnya, ekonomi kreatif terbukti bisa memajukan perekonomian dan bertahan di masa pandemi. Ini dapat dilihat dari subsektor fesyen yang masih menjadi andalan ekspor ekonomi kreatif Indonesia dengan nilai kontribusi sebesar 61,5 persen.

"Banyak dari jenama fesyen kita harus lebih dipromosikan. Oleh karena itu, Indonesia Fashion Week ini betul-betul harus ikut mendorong kebangkitan ekonomi kita dengan prinsip 3G gercep: gerak cepat, geber: gerak bersama, dan gaspol: garap semua potensi online. Sehingga Indonesia semakin sejahtera," ungkap Menparekraf Sandiaga saat Opening Ceremony IFW 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: Bangkitkan Ekonomi, Sandiaga Uno Sebut Pemerintah Permudah Perizinan Konser dan Event Olahraga

Ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2023, yang didukung Kemenparekraf, merupakan bagian dari ajang fesyen tahunan terbesar di Indonesia yang telah memasuki tahun ke-10.

Mengusung Sagara dari Timur, IFW 2023 berupaya menyuguhkan gelombang baru kreativitas dalam dunia fesyen dengan menyoroti budaya, wastra dan pariwisata dari Provinsi Gorontalo.

IFW 2023 digelar secara hybrid di Jakarta Convention Center pada 22-26 Februari 2023 dengan menampilkan 400 peserta pameran yang diisi oleh beragam trunkshow, talkshow, kuliner, serta menghadirkan 250 perancang busana dari seluruh Indonesia.

Sementara itu, Presiden Indonesia Fashion Week, Poppy Dharsono menyampaikan, bahwa IFW 2023 ini dilaksanakan dengan penuh semangat dan gelora yang tinggi untuk kembali menggerakkan UMKM industri kreatif seperti sediakala.

Tahun ini, Gorontalo terpilih sebagai tema besar dalam IFW 2023. Di mana kain tenun khas Gorontalo yaitu Karawo ditampilkan pada pembukaan IFW, setelah melalui proses inkubator terhadap UMKM tekstil Karawo.

Baca juga: Sandiaga Uno Berharap Akun Creative by Indonesia Bisa Jadi Kekuatan Promosikan Produk Ekraf Terbaik

"Semoga industri kreatif, khususnya Gorontalo dapat dikenal masyarakat secara luas bahkan hingga internasional," harap Poppy.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)