5 Penyebab Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda, Sebaiknya Dihindari

Jum'at, 24 Februari 2023 - 07:10 WIB
loading...
5 Penyebab Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda, Sebaiknya Dihindari
Penyebab tekanan darah tinggi di usia muda sangat beragam. Tekanan darah tinggi faktor risiko terbesar penyakit jantung termasuk serangan jantung dan stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyebab tekanan darah tinggi di usia muda sangat beragam. Tekanan darah tinggi , juga disebut hipertensi, adalah salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantung termasuk serangan jantung dan stroke.

American Heart Association (AHHA) menjelaskan penyakit ini terjadi ketika tekanan darah secara konsisten terlalu tinggi. Tekanan darah normal dianggap kurang dari 120/80 mmHg.

Jika tekanan darah seseorang secara konsisten 140/90 mm Hg atau lebih tinggi, mereka dapat didiagnosis dengan tekanan darah tinggi . Namun, kisaran tekanan darah dapat berfluktuasi tergantung pada beberapa penyebab.

Penyebab tekanan darah tinggi ini tanpa disadari sering dilakukan sehari-hari. Berikut penyebab tekanan darah tinggi di usia muda seperti dilansir dari Times of India, Jumat (24/2/2023).



1. Stres dan Kecemasan

Penyebab tekanan darah tinggi di usia muda pertama adalah stres dan kecemasan. Keduanya dapat secara signifikan memengaruhi pembacaan tekanan darah. Karena lonjakan kadar kortisol, detak jantung bisa naik, menghasilkan tekanan darah yang lebih tinggi.

Berada di kantor dokter atau memeriksakan tekanan darah dapat meningkatkan stres dan kecemasan, yang kemudian dapat memengaruhi tekanan darah. Sehingga disarankan untuk lebih bersantai.

2. Tidak Beristirahat

Penyebab tekanan darah tinggi di usia muda selanjutnya adalah tidak beristirahat. Sebelum melakukan pengukuran tekanan darah, penting untuk beristirahat dan santai selama 3 menit - 5 menit. Buat diri Anda nyaman di kursi untuk mendapatkan pembacaan tekanan darah yang akurat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2422 seconds (0.1#10.140)