Dua Minuman yang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi saat Natal, Sebaiknya Dihindari

Senin, 26 Desember 2022 - 20:47 WIB
loading...
Dua Minuman yang Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi saat Natal, Sebaiknya Dihindari
Ada dua minuman yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi saat Natal. Minuman ini sebaiknya dihindari lantaran terbukti berdampak buruk pada tekanan darah. Foto/Downshiftology
A A A
JAKARTA - Ada dua minuman yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi saat Natal . Minuman ini sebaiknya dihindari lantaran terbukti bisa berdampak buruk pada tekanan darah .

Eggnog, misalnya. Minuman ini biasanya memiliki sedikit rum, wiski atau brendi dan mengandung rempah-rempah, susu, dan krim. Krim kental mengandung gula tambahan, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan tekanan darah tinggi.

Minuman Natal lain yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi adalah Baileys Irish Cream. Baileys mengandung krim, yang berarti juga mengandung gula tambahan.

“Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit, termasuk hipertensi (tekanan darah tinggi),” kata ahli diet Tracy Parker dilansir dari Express, Senin (26/12/2022).



Tekanan darah tinggi adalah istilah medis untuk menggambarkan pembacaan tekanan darah 140/90 mmHg atau lebih tinggi. Tekanan darah tinggi jarang memiliki gejala yang jelas, tetapi monitor di rumah atau di apotek, atau di dokter, dapat memberi tahu.

Ada banyak risiko yang terkait dengan tekanan darah tinggi, yang dapat berkisar dari penyakit jantung hingga demensia vaskular. Risiko kesehatan yang terkait dengan tekanan darah tinggi lainnya adalah serangan jantung, gagal jantung, penyakit arteri perifer, aneurisma aorta dan penyakit ginjal

Minum terlalu banyak alkohol dianggap sebagai faktor risiko untuk mengembangkan tekanan darah tinggi. Para ahli merekomendasikan untuk minum tidak lebih dari 14 gelas per minggu, beberapa hari bebas alkohol setiap minggu juga disarankan.

“Minum alkohol meningkatkan tekanan darah dan minum berulang menyebabkan tekanan darah tinggi yang berkelanjutan," catat Drinkaware.



Selain minum, faktor-faktor lain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang berbahaya saat Natal. Salah satunya tidak melakukan olahraga yang cukup adalah bahaya kesehatan.

Tidak hanya hanya gaya hidup menetap meningkatkan kemungkinan obesitas dan tekanan darah tinggi, tetapi juga terkait dengan berbagai penyakit.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)