Dirujuk ke RSCM, Bayi Obesitas asal Bekasi Akan Ditangani 10 Dokter Spesialis

Jum'at, 24 Februari 2023 - 17:47 WIB
loading...
Dirujuk ke RSCM, Bayi Obesitas asal Bekasi Akan Ditangani 10 Dokter Spesialis
Muhammad Kenzi Alfaro, bayi 16 bulan yang mengalami obesitas di Bekasi, segera dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta Pusat. / Foto: Jonathan Simanjuntak
A A A
KABUPATEN BEKASI - Muhammad Kenzi Alfaro, bayi 16 bulan yang mengalami obesitas di Bekasi, segera dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta Pusat.

Kenzi akan menjalani pemeriksaan lanjutan guna mengetahui faktor penyebab obesitas yang dideritanya.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Anak RS Hermina Bekasi, Prof. dr. Aryono Hendarto mengungkapkan bahwa dirujuknya Kenzi ke RSCM lantaran RSCM memiliki tim yang kerap menangani kasus tersebut.

Baca juga: Jalani Pemeriksaan Medis, Bayi Kenzi Alami Obesitas Diduga karena Faktor Genetik

Pemeriksaan ini juga dijalankan setelah Kenzi menjalani konsultasi di Rumah Sakit Hermina Kota Bekasi pada hari ini, Jumat (24/2/2023).

"Nah, ini semuanya yang harus kita evaluasi, sehingga untuk kasus-kasus jarang seperti ini nih kebetulan RSCM sudah punya timnya, kebetulan saya juga bekerja di RSCM teman-teman sekalian. Sudah ada timnya yang memang menangani seperti ini, jadi itu yang harus dievaluasi," jelas Aryono kepada wartawan di Bekasi, Jumat (24/2/2023).

Kenzi nantinya akan menjalani pemeriksaan keseluruhan mulai dari gizi, paru-paru, tulang, endokrin, pencernaan hingga darah di RSCM. Sedikitnya, ada 10 dokter spesialis dari bidang keilmuan yang berbeda akan terlibat.



"Jadi, kita punya 14 disiplin paling tidak 10 disiplin itu terlibat dalam penanganan. Sudah ada timnya sendiri, jadi bukan dibentuk karena pasien ini. Kami sudah ada tim, namanya tim penyakit langka," terang dr. Aryono.

Seluruh pemeriksaan dilakukan untuk mencegah adanya komplikasi lain yang diderita Kenzi. Pasalnya, banyak kasus obesitas yang diikuti dengan penyakit lain.

Baca juga: Faktor Penyebab Obesitas pada Anak yang Wajib Diketahui Para Orang Tua

"Memang, komplikasi tersering dari obesitas anak apalagi yang ekstrem seperti ini yang perlu diwaspadai adalah satu gangguan profil lemak, jadi seperti hiperkolesterol, kolesterol yang tinggi, kemudian tulang. Ini yang dikhawatirkan," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)