5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah

Senin, 27 Februari 2023 - 12:10 WIB
loading...
5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah
Indonesia tak hanya terkenal dengan keindahan wisata alamnya, namun juga memiliki beberapa kota yang menjadi surga kuliner. Makanan ditawarkan dijamin lezat. Foto/Endeustv
A A A
JAKARTA - Indonesia tak hanya terkenal dengan keindahan wisata alamnya, namun juga memiliki beberapa kota yang menjadi surga kuliner . Makanan yang ditawarkan juga dijamin lezat meggoyang lidah.

Sederet kota yang menjadi surga kuliner di Indonesia ini tak hanya terdiri dari kota-kota besar. Namun juga kota-kota yang terkenal dengan berbagai kuliner yang murah meriah.

Jika Anda mengujungi kota-kota di Indonesia ini, pastikan mencicipi beragam kuliner tersebut. Tertarik untuk mencobanya?

Berikut kota yang jadi surga kuliner di Indonesia seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/2/2023).



1. Bandung

5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah

Foto/Endeustv

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa Bandung memang menjadi salah satu surganya kuliner di Indonesia. Selain terkenal dengan jajanan khas yang enak, Anda juga akan menemukan kuliner unik di sini.

Tak hanya jajanan murah-meriah seperti cimol, cilok, cilor hingga batagor yang memanjakan lidah, Anda juga bisa mencoba nasi tutug oncom di Kota Kembang ini. Ini merupakan olahan nasi bakar dengan bumbu oncom dan disajikan bersama sambal, lalapan dan juga ayam goreng.

Ada juga surabi Bandung yang lebih mantap dilahap ketika masih hangat. Jangan lupa juga berkunjung ke Kedai Roti Gempol yang berlokasi di daerah Gempol, Bandung. Salah satu spesialis roti tawar legendaris ini memang punya tempa Instagramable dan rasa yang bikin kangen.

2. Yogyakarta

5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah

Foto/Endeustv

Yogyakarta adalah salah satu kota yang wajib masuk ke dalam list wisata kuliner Anda. Pasalnya, kota satu ini terkenal dengan berbagai kuliner khasnya yang memanjakan lidah.

Beragam minuman hingga makanan lezat seperti gudeg bisa Anda coba. Olahan sayur nangka muda yang dimasak berjam-jam dengan santan ini punya rasa manis dan biasa disajikan bersama telur rebus, ayam, serta sambal krecek.

Anda juga wajib berkunjung ke kedai legendaris yang punya makanan unik. Sate klatak Pak Pong namanya. Hidangan daging kambing muda ini ditusuk dengan besi yang kemudian dibakar hingga matang. Berbeda dengan sate kebanyakan, sate klatak hanya dibumbui garam dan dihidangkan dengan kuah bening.



3. Makassar


5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah

Foto/Endeustv

Anda juga bisa menemukan ragam kuliner otentik di kota Makassar. Bisa dibilang, Makassar adalah surga kecil di bagian timur yang ikut membentuk Indonesia menjadi surga kuliner.

Anda pasti sudah tahu coto Makassar yang tersohor kelezatannya. Namun, kuliner Kota Daeng bukan hanya itu. Makassar sebagai surga kuliner dibentuk oleh beragam kuliner yang akan memanjakan perut siapa saja dari pagi hingga malam yang berkunjung ke sana.

Sebut saja Bassang, primadona masyarakat untuk menghangatkan perut di pagi hari. Lalu konro, pilihan menu makan siang kaya rempah. Kemudian Pallumara, hidangan boga bahari yang menyegarkan. Hingga pallubasa, masakan kaya rempah lainnya yang menggunakan daging sapi.

4. Surabaya

5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah

Foto/Endeustv

Surabaya menjadi salah satu kota di Indonesia yang menyimpan banyak kuliner legendaris yang wajib dicoba. Salah satunya yakni lontong balap, yakni kuliner yang terdiri dari lontong, tauge, lentho, tahu goreng, bawang goreng, kecap, hingga sambal. Lentho dan sambal inilah yang jadi pembeda lontong balap dengan kupat tahu pada umumnya.

Memiliki nuansa pecinan, ada juga banyak kuliner dengan perpaduan cita rasa Surabaya dengan makanan khas Tionghoa. Mulai dari kedai Bakwan Pak Di yang menjual bakso khas Surabaya, sate gule kambing, hingga berbagai macam olahan lainnya. Salah satu makanan unik dari tempat ini adalah pia di Toko Pia Kemenangan.



5. Medan


5 Kota yang Jadi Surga Kuliner di Indonesia, Lezat Menggoyang Lidah

Foto/Endeustv

Medan juga menjadi salah satu kota yang menjadi surga kuliner di Indonesia dan wajib dikunjungi. Orang asli Medan pasti sudah tidak asing dengan makanan seperti mie gomak yang biasa disajikan bersama kuah lontong atau dengan bumbu kacang.

Medan juga terkenal dengan lontong Medan yang biasa disantap untuk sarapan. Sajian ini terdiri dari lontong, mie, tauco, kuah sayur, bumbu kacang, dan kerupuk dan tambahan protein berupa telur atau ayam.

Salah satu restoran legendaris yang bisa Anda kunjungi di Medan di antaranya ada kari ayam di RM Tabona. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, dan merasakan segarnya es krim tip top yang sudah eksis sejak zaman Belanda. Selanjutnya, oleh-oleh khas Medan adalah durian di Ucok Durian. Anda juga bisa mencoba membawa pulang kopi sidikalang yang jadi rajanya kopi di Sumatera.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)