Kaya Potensi Alam, Kemenparekraf Gelar Kampanye Sadar Wisata di Magelang

Selasa, 28 Februari 2023 - 20:02 WIB
loading...
Kaya Potensi Alam, Kemenparekraf Gelar Kampanye Sadar Wisata di Magelang
Kabupaten Magelang sendiri diketahui mempunyai 230 daya tarik wisata, yang lebih dari 80 di antaranya berupa wisata alam. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sosialisasi Kampanye Sadar Wisata 5.0 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf)mulai kembali dilakukan.

Kabupaten Magelang menjadi salah satu lokasi digelarnya sosialisasi Sadar Wisata 5.0. Dilaksanakan di 4 desa di Magelang, sosialisasi ini diharapkan bisa mendorong desa-desa tersebut menggali dan mengembangkan potensi pariwisata, sehingga dapat diolah menjadi produk pariwisata yang bernilai jual.

Dalam tahap sosialisasi, kegiatan Kampanye Sadar Wisata 5.0 memberikan pelatihan yang menyasar desa wisata dan para pelaku pariwisata. Di Magelang, kegiatan ini berlangsung di Desa Wisata Treko, Gondang, Pagersari, dan Ambartawang, pada akhir pekan lalu.

Baca juga: Berpotensi Gerakan Roda Ekonomi, Pemerintah Akan Permudah Izin Penyelenggaraan Event Besar

Empat desa yang berada di kawasan Kecamatan Mungkid itu mempunyai bentang alam yang mempesona. Lokasinya berlatar pengunungan, persawahan, dan perkebunan.

Dengan potensi wisata alam serta didukung keberadaan sumber mata air, hal ini bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Di samping itu, setiap desa memiliki pelaku budaya yang potensial untuk mendukung kepariwisataan, juga diperkaya potensi bidang kuliner dan kriya.

"Melalui Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 kami juga ingin memberikan pemahaman, pentingnya warga mengenal potensi yang ada di desa masing-masing, kemudian menggali potensi agar dapat dijadikan produk wisata yang bisa dijual," tutur Perwakilan Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf /Baparekraf, Surana dalam keterangannya, baru-baru ini.

Kabupaten Magelang sendiri diketahui mempunyai 230 daya tarik wisata, yang lebih dari 80 di antaranya berupa wisata alam. Potensi tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Magelang, Slamet Ahmad Husein, gerakan swadaya yang mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan pariwisata, seperti Kelompok Sadar Wisata diharapkan memunculkan rasa memiliki dalam diri warga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)