Mengenal 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia!

Kamis, 02 Maret 2023 - 09:02 WIB
loading...
Mengenal 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia!
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengembangkan serta menggabungkan sejumlah tempat wisata yang dikenal sebagai Lima Destinasi Super Prioritas (5 DSP). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kalo ngomongin soal pariwisata Indonesia , pasti kebanyakan orang menganggap Pulau Dewata sebagai primadona. Padahal kenyataannya, Indonesia punya beragam destinasi wisata lain yang memiliki surganya masing-masing dan gak kalah dengan Bali. Berangkat dari sanalah, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengembangkan serta menggabungkan sejumlah tempat wisata yang dikenal sebagai Lima Destinasi Super Prioritas (5 DSP).

DSP yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang mencakup Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, serta Likupang. Kelima destinasi ini tersebar di lima provinsi di bagian barat, tengah, sampai dengan timur Indonesia. Supaya kenal lebih dalam, yuk simak ulasan tentang masing-masing Destinasi Super Prioritas tersebut.

1. Danau Toba, Sumatera Utara
Tahukah Anda kalau Danau Toba itu membentang melintasi delapan kabupaten sekaligus? Sungguh luar biasa memang, danau besar ini memiliki luas kurang lebih 1.130 kilometer persegi yang terbentang dari Kabupaten Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Pakpak Bharat, serta Dairi.

Saat berwisata ke sini, Anda bisa mencoba berbagai aktivitas seru seperti pengalaman ber-kayak, glamping di pinggir danau, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya itu, kulinernya juga unik dan menggoyang lidah, lho!



2. Borobudur, Jawa Tengah
Nama Borobudur sendiri sudah tidak asing di telinga kebanyakan orang. Peninggalan sejarah satu ini merupakan bangunan kuno peninggalan agama Buddha terbesar di dunia. Pesona dan kemegahan candi ini akan semakin bersinar ketika matahari terbit. Anda akan berdecak kagum akan keindahan dari magisnya tempat ini.

Apabila Anda berkunjung ke tempat ini bertepatan dengan Hari Raya Waisak, maka beruntunglah Anda. Sebab, candi ini juga menjadi lokasi peringatan hari raya umat Buddha secara nasional dengan kegiatan menerbangkan lampion saat malam hari sebagai salah satu daya tariknya.

3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB)
Destinasi wisata satu ini semakin populer dan dikenal banyak orang sejak adanya perhelatan akbar MotoGP Mandalika tahun 2022 kemarin di Lombok Tengah. Dampak positif ajang tersebut membuat Mandalika masuk ke dalam bucket-list wisata, orang-orang pun ramai datang kesana untuk mengunjungi bukit di sekitar sirkuit ternama satu ini.

Wisata lain dari yang bisa Anda kunjungi di tempat ini adalah pantai-pantainya. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Kuta Lombok yang memiliki pasir layaknya butiran merica. Memang gak ada habisnya Indonesia menawarkan wisata alam yang menakjubkan.

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT)
Wisata alam berikut ini menyimpan aset terbaik negara yaitu berupa kadal terbesar di dunia dan hanya ada di Indonesia. Kadal yang dimaksud adalah Komodo. Anda bisa langsung datang mengunjungi habitat asli dan bertemu langsung reptil ini di Taman Nasional Komodo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)