6 Penyebab Istri Selingkuh, Salah Satunya Bentuk Balas Dendam

Kamis, 02 Maret 2023 - 14:00 WIB
loading...
6 Penyebab Istri Selingkuh, Salah Satunya Bentuk Balas Dendam
Penyebab istri selingkuh bisa karena berbagai faktor. Bisa hal yang receh hingga fatal. Foto Ilustrasi/Getty Images/Izabela Habur
A A A
JAKARTA - Penyebab istri selingkuh bisa karena berbagai faktor. Bisa hal yang "receh" hingga fatal.

Perselingkuhan adalah salah satu hal yang mampu menghancurkan bahtera rumah tangga. Tak hanya suami, seorang istri juga bisa berselingkuh. Penyebab istri selingkuh boleh jadi karena hal yang tampaknya “receh” hingga yang serius dan fatal.

Alasan atau penyebab istri selingkuh juga tidak jauh berbeda dengan penyebab suami selingkuh. Lantas, apa saja penyebab istri selingkuh? Berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/3/2023).


1. Kebutuhan Seks yang Tidak Terpenuhi

Tidak bisa dipungkiri, kehidupan seks yang mungkin hambar dan monoton bisa saja menjadi penyebab istri selingkuh. Bahkan sebuah penelitian dari ASA (American Sociological Association) menyebut bahwa sekitar 67% penyebab istri selingkuh adalah karena kebutuhan seksualnya yang kurang terpenuhi.

2. Kebutuhan Emosional Tidak Terpenuhi

Tak hanya karena kebutuhan seksual yang tak terpenuhi, dari sisi psikologi, hal atau alasan istri selingkuh adalah dikarenakan kebutuhan emosional yang tidak terpenuhi.

Menurut konselor Lea McMahon, keterikatan emosional adalah dasar kepuasan dalam hubungan. Wanita juga menjadi sosok yang mendambakan dukungan, perhatian, dan cinta. Karena itu, ketika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, mereka akan merasa frustasi dan kesal.

3. Kesepian

Penyebab paling umum istri selingkuh adalah kesepian. Banyak wanita yang kerap mengeluh kesepian, kurang perhatian, dan kasih sayang ketika suaminya terlalu sibuk bekerja.

Waktu suami yang sangat tersita akibat kesibukannya inilah yang tak jarang membuat para istri kepikiran untuk mencari perhatian serta kasih sayang dari pria lain. Bahkan, seorang antropolog dari Rutgers University, Dr. Helen E. Fisher, mengutip WebMD, mengatakan bahwa wanita bisa memiliki ikatan batin yang kuat dengan suaminya, namun juga lebih mungkin berselingkuh karena kesepian.


4. Balas Dendam

Wanita yang terlanjur terluka karena disakiti atau dikhianati orang lain, termasuk oleh suami sendiri, bisa saja akan melakukan balas dendam dengan cara berselingkuh.

Penyebab wanita berselingkuh bisa saja untuk memenuhi hasrat agar membuat suami merasakan sakit yang sama dengan yang pernah dirasakannya dulu. Meski begitu, setiap wanita memiliki cara masing-masing untuk balas dendam atas perlakuan buruk suaminya dulu. Jadi, tak semua wanita melakukan cara ini untuk balas dendam pada pasangannya.

5. Merasa Tidak Dihargai

Wanita terkadang bisa merasa muak oleh perlakuan tidak adil seperti harus melakukan berbagai tuntuan dari suami. Terlebih suami yang mengharuskan istri mengurus segala perintilan rumah tangga tanpa menawarkan bantuan. Hal ini sering kali membuat istri merasa terabaikan, tidak dihargai, bahkan tidak dicintai.

Apabila perasaan ‘saling’ tersebut tidak didapatkan dalam waktu yang lama. Bukan tidak mungkin istri mencari seseorang yang lebih menghargai dan mengakui keberadaanya.

6. Masalah Ekonomi

Wanita biasanya kerap realistis dalam menjalani bahtera rumah tangga. Tidak dapat dipungkiri bahwa uang adalah faktor yang sangat penting untuk bisa menghidupi rumah tangga. Apalagi jika Anda berdua sudah memiliki tanggungan buah hati.

Jika seorang wanita merasa suaminya tidak mampu mendukung kebutuhan finansial rumah tangga, tak jarang mereka akan mencari sandaran lain yang bisa “menghidupi” dirinya sepenuhnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)