Mengenal Diabetes, Penyakit yang Sudah Lama Diidap Komedian Omas

Jum'at, 17 Juli 2020 - 10:07 WIB
loading...
Mengenal Diabetes, Penyakit yang Sudah Lama Diidap Komedian Omas
Komedian Omaswati itu dikabarkan sudah lama menderita diabetes. Sayangnya, banyak orang masih belum paham dengan penyakit ini. Padahal, bisa juga menyerang usia muda. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Komedian Omaswati itu dikabarkan sudah lama menderita diabetes. Sayangnya, banyak orang masih belum paham dengan penyakit ini. Padahal, tidak saja menyerang mereka yang sudah lanjut usia, tetapi juga mereka yang berusia muda.

Dilansir Health Line, diabetes mellitus atau umumnya dikenal sebagai diabetes merupakan penyakit metabolisme yang menyebabkan gula darah tinggi. Hormon insulin memindahkan gula dari darah ke sel untuk disimpan atau digunakan menjadi energi. Diabetes membuat tubuh tidak bisa menghasilkan insulin yang cukup atau tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya secara efektif.

Gula darah tinggi yang tidak diobati dari diabetes dapat merusak saraf, mata, ginjal, dan organ lainnya. Ada beberapa jenis diabetes. Di antaranya adalah diabetes tipe 1 atau penyakit autoimun. Sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas, tempat insulin dibuat. Tidak jelas apa yang menyebabkan serangan ini. Sekitar 10% pengidap diabetes memiliki jenis ini.

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin dan gula menumpuk di dalam darah. Prediabetes terjadi ketika gula darah lebih tinggi dari normal, tetapi itu tidak cukup tinggi untuk diagnosis diabetes tipe 2. Diabetes gestasional adalah gula darah tinggi selama kehamilan. Hormon penghambat insulin yang diproduksi oleh plasenta menyebabkan diabetes tipe ini.

Suatu kondisi langka yang disebut diabetes insipidus tidak terkait dengan diabetes mellitus, meskipun memiliki nama yang mirip. Ini adalah kondisi berbeda di mana ginjal mengeluarkan terlalu banyak cairan dari tubuh. Setiap jenis diabetes memiliki gejala, penyebab, dan perawatan yang unik. Sementara itu, gejala diabetes disebabkan oleh meningkatnya gula darah.

Adapun gejala umum diabetes meliputi kelaparan meningkat, rasa haus meningkat, penurunan berat badan, sering buang air kecil, penglihatan kabur, kelelahan ekstrim dan luka yang tidak kunjung sembuh. Namun, gejala diabetes bisa sangat ringan sehingga sulit dikenali pada awalnya. (Baca juga: Meninggal Dunia, Pelawak Omas Sudah Lama Menderita Diabetes ).

Di sisi lain, gula darah tinggi merusak organ dan jaringan di seluruh tubuh. Semakin tinggi gula darah dan semakin lama hidup dengan diabetes, semakin besar risiko untuk komplikasi. Komplikasi terkait dengan diabetes meliputi penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke, sakit saraf, nefropati, retinopati dan kehilangan penglihatan, gangguan pendengaran, kerusakan kaki seperti infeksi dan luka yang tidak kunjung sembuh, kondisi kulit seperti bakteri dan jamur infeksi, depresi dan demensia.

Diabetes dapat menyebabkan komplikasi medis yang serius, tetapi kondisi ini dapat dikelola dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)