Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!

Jum'at, 15 Mei 2026 - 09:30 WIB
loading...
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita diabetes sebaiknya hindari konsumsi semangka berlebihan, karena buah ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Foto: NDTV
A A A
JAKARTA - Semangka menjadi salah satu buah yang sangat digemari karena rasanya yang manis dan segar, bisa meredakan dahaga di panas terik siang hari.

Namun hal itu tidak berlaku bagi penderita diabetes. Bukan tanpa alasan ada kandungan dalam semangka yang patut dihindari oleh penderita diabetes khususnya kadar gula serta indeks glikemik yang dinilai tinggi. Lalu berapa kadar gula dan indeks glikemik dalam semangka?

Melansir dari WebMD, buah semangka mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi bagi tubuh. Salah satunya seperti vitamin C yang berfungsi penting dalam pembentukan kolagen serta menyerap zat besi. Selain itu, semangka juga sangat bagus untuk menghidrasi tubuh karena kadar airnya yang cukup tinggi.

Baca Juga : Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah

Kandungan lainnya yang ada dalam semangka diantaranya adalah vitamin A, B5, magnesium serta kalium. Tak hanya itu, semangka juga mengandung 36 kalori, 0,9 gram protein, 0,2 gram lemak, 11,6 gram karbohidrat, 0,6 gram serat dan yang paling penting adalah 9,5 gram gula dalam satu cangkir semangka mentah.

Kandungan gula ini yang harus diwaspadai terutama bagi penderita diabetes. Sebab kadar gula dalam semangka cukup tinggi bagi mereka penderita diabetes yang wajib mengontrol asupan kadar gula mereka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Sering Melewatkan Sarapan, Risiko Diabetes Bisa Meningkat
Kaya Nutrisi, Semangka...
Kaya Nutrisi, Semangka Ternyata Berkhasiat Turunkan Risiko Penyakit Jantung
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Lampung Kukuhkan Diri...
Lampung Kukuhkan Diri sebagai Sentra Semangka Nasional
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
Rekomendasi
DBL Gandeng Partner...
DBL Gandeng Partner Anyar untuk Dorong Pengembangan Talenta Muda Indonesia
Jenderal Jerman Duga...
Jenderal Jerman Duga Rusia Bakal Kerahkan Senjata Nuklir ke Luar Angkasa, Bisa Picu Kiamat Satelit
Swedia: Konflik Rusia-NATO...
Swedia: Konflik Rusia-NATO Bisa Pecah dalam Waktu Dekat
Berita Terkini
Konser Reuni BTS di...
Konser Reuni BTS di Busan Molor 75 Menit, HYBE Minta Maaf dan Jelaskan Penyebabnya
Juan Persia Vanesya...
Juan Persia Vanesya Siapkan Mental dan Bahasa Inggris untuk Audisi Miss Indonesia 2026
Ikut Audisi Miss Indonesia...
Ikut Audisi Miss Indonesia 2026, Mutia Ingin Lawan Insecure
Miss Indonesia 2026...
Miss Indonesia 2026 Sambangi Yogyakarta, Cari Perempuan Berbakat dengan Kepedulian Sosial Tinggi
Resmi Menikah, Jennifer...
Resmi Menikah, Jennifer Coppen Disambut Hangat Keluarga Justin Hubner
Gejala Usus Buntu yang...
Gejala Usus Buntu yang Sering Diabaikan, Dari Nyeri Perut hingga Demam Mendadak
Infografis
Penerima Bansos 2026...
Penerima Bansos 2026 Wajib Tahu! Ini Penjelasan Desil yang Jadi Penentu Kelayakan Bantuan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved