Langkah-Langkah untuk Cegah Pelecehan Seksual di Tempat Umum

Selasa, 07 Maret 2023 - 20:20 WIB
loading...
Langkah-Langkah untuk Cegah Pelecehan Seksual di Tempat Umum
Anggota Bidang Olahraga DPP Pemuda Perindo Cilla Sumarna dalam Podcast Aksi Nyata, Selasa (7/3/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja. Di rumah, tempat umum, hingga media sosial. Meski sudah banyak kasus pelecehan seksual yang tereskpos, namun tak sedikit pula yang tidak ketahuan.

Hal itu disebabkan masih banyak orang yang tidak paham tentang hal-hal yang perlu dilakukan ketika menyaksikan pelecehan seksual secara langsung.

Anggota Bidang Olahraga DPP Pemuda Perindo Cilla Sumarna mengatakan, ada beberapa tips untuk mencegah pelecehan seksual. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menegur ketika melihat seseorang yang gelagatnya mencurigakan.



“Untuk lihat tindak pelaku pertama ditegur, tapi harus tahu dulu aman nggak kondisinya. Aman untuk kalian atau nggak,” ujar Cilla dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (7/2/2023).

Selanjutnya, Anda juga bisa mengalihkan pikiran pelaku kepada korban. Misalnya Anda mengajak ngobrol si calon korban. Dan yang paling penting, harus langsung melaporkan ke orang sekitar, baik warga ataupun pihak keamanan.

“Lalu dilaporkan, di sekitaran sana ada warga atau siapa pun itu. Jangan lupa sebelumnya videokan agar ada bukti. Kalau mau melapor ada bukti. Makanya kita harus pintar-pintar mana yang baik dan tidak,” kata Cilla lagi.

Hal yang tak kalah penting adalah, buat anak muda yang ingin ketemuan dengan seseorang dari aplikasi dating, sebaiknya ajak teman atau kakak. Hal itu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Nggak ada yang tahu kalau nanti ketemuan akan gimana. Itu juga buat menghindari tindakan kriminal,” pungkas Cilla.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2338 seconds (0.1#10.140)