Podcast Aksi Nyata, Edukasi Seks pada Anak Bisa Cegah Pelecehan Seksual

Selasa, 07 Maret 2023 - 19:40 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata, Edukasi Seks pada Anak Bisa Cegah Pelecehan Seksual
Anggota Bidang Olahraga DPP Pemuda Perindo Cilla Sumarna dalam Podcast Aksi Nyata, Selasa (7/3/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Pelecehan seksual kerap terjadi di media sosial. Bahkan pada 2022, pelecehan seksual di media sosial yang terjadi di Ambon mencapai 85 persen. Hal itu tentu sangat memprihatinkan.

Anggota Bidang Olahraga DPP Pemuda Perindo Cilla Sumarna menyebut, meda sosial menjadi kesempatan oknum untuk melakukan pelecehan seksual. Bahkan hal itu juga terjadi pada orang terdekat.

“Masalah seperti ini harus ditanggapi dengan serius untuk memutus rantai pelecehan seksual,” ujar Cilla dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (7/3/2023).



Mirisnya, banyak korban yang takut untuk melapor. Sebab, selain penanganan kasus pelecehan seksual masih minim, korban yang kebanyakan perempuan juga merasa malu. Sementara mental mereka sudah rusak.

“Pasti banyak korban pelecehan seksual yang diancam foto atau videonya disebar. Mereka pasti takut. Makanya, penting peran orang tua dan keluarga untuk mengatasi hal itu,” jelasnya.

Cilla menambahkan, bagi para korban pelecehan seksual, sebaiknya bercerita ketika mengalami masalah tersebut. Begitu juga keluarga dan orang terdekat yang mendengarkan cerita dari korban, sebaiknya didengarkan dengan baik dan jangan menghakimi korban.

“Jika kita mendapatkan cerita dari korban, jangan takut buat ngelapor. Siapa lagi yang bisa memutus rantai kejahatan ini. Buat kalian yang mengalami tindak kejahatan juga, jangan takut buat melapor,” saran Cilla.



Tak hanya itu, peran orang tua dan guru sangat penting untuk memberikan edukasi mengenai pendidikan seksual sejak dini. Sehingga anak tahu ada area sensitif yang tidak boleh disentuh selain oleh orang tua.

“Jadi dikasih tahu, ini lho area sensitif. Tidak boleh disentuh siapa pun. Kalau masih dimandiin, cuma boleh mama atau suster, misalnya. Kalau di sekolah guru juga harus aware. Misalnya murid belum dijemput, jangan keluar dari sekolah. Penting juga simulasi tentang penculikan anak karena sekarang lagi marak kan,” tuturnya.

Beruntung, saat ini Partai Perindo sudah memiliki relawan perempuan dan anak sehingga siapa pun yang mengalami kekerasan atau pelecehan seksual bisa memberi pengaduan.

“Kalian yang alami kesulitan bisa mengadu. Di situlah peran RPA ada. Kalian nggak sendiri. Kalian bisa cerita ke Perindo biar bisa ditindaklanjuti,” pungkas Cilla.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)