Pengaruhi Janin, Kesehatan Kaum Perempuan Harus Dapat Prioritas

Senin, 06 Maret 2023 - 12:13 WIB
loading...
Pengaruhi Janin, Kesehatan Kaum Perempuan Harus Dapat Prioritas
Kesehatan kaum perempuan dan ibu menjadi hal yang harus terus mendapat prioritas. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kesehatan kaum perempuan dan ibu menjadi hal yang harus terus mendapat prioritas. Pasalnya, kesehatan seorang ibu terutama ketika mengandung akan memengaruhi kesehatan janin secara langsung.

Pernyataan tersebut sebagaimana disampaikan Direktur RSIA Az Zahra Palembang, dr. Sylvie Dewi Kusuma, MARS.

"Oleh karena itu, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, dapat membantu mendeteksi berbagai risiko kesehatan bagi ibu hamil dan perempuan sejak dini," lanjut dr. Sylvie, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Puasa Senin Kamis Terbukti Dapat Menurunkan 6 Persen Bobot Tubuh dalam Setahun

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa kesehatan reproduksi juga dapat memengaruhi kesehatan fisik perempuan secara keseluruhan.

Sejumlah kondisi yang umum dialami perempuan seperti menstruasi, hamil, melahirkan, dan menopause memiliki dampak yang cukup signifikan pada kesehatan mereka.

"Edukasi dan akses terhadap layanan kesehatan perlu terus diperluas ke setiap perempuan Indonesia dan sebagai bagian dari upaya tersebut, BMHS (Bundamedik Healthcare System) melalui RSIA Az Zahra Palembang menginisiasi edukasi dan pemeriksaan kesehatan secara gratis khusus perempuan," tuturnya

Dokter Sylvie pun berharap program itu bisa ikut meningkatkan kualitas kesehatan perempuan, sehingga mereka mampu mengoptimalkan perannya dalam menjaga kesehatan keluarganya.

BMHS sendiri memberikan layanan yang mencakup konsultasi dokter spesialis obstetri dan ginekologi, pemeriksaan USG 4D, serta konsultasi dan pijat laktasi. Selain itu, program ini juga didukung Diagnos Laboratorium untuk pemeriksaan gula darah sewaktu, kolesterol, dan asam urat, serta Morula IVF Indonesia dalam pelaksanaan Fertility Talkshow.

Menurut dr. Sylvie, sebagai penyedia ekosistem layanan kesehatan menyeluruh, BMHS juga terus meningkatkan layanannya di 3 jaringan RSIA yang dimilikinya, yaitu RSIA Bunda Jakarta, RSIA Bunda Ciputat dan RSIA Az Zahra Palembang.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director PT Bundamedik Tbk, Nurhadi Yudiyantho menambahkan, pihaknya melihat bahwa perempuan memiliki peran yang sangat krusial dalam mendidik generasi penerus bangsa, sehingga kondisi kesehatan mereka perlu untuk diprioritaskan.

Baca juga: Berperan Penting dalam Cegah Obesitas, Ini Saran Dokter Anak untuk Pihak Sekolah

"Kami percaya bahwa dengan tersedianya akses layanan kesehatan khusus perempuan, seperti melalui kehadiran RSIA ini, dapat turut meningkatkan kualitas kesehatan perempuan," kata dia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)