Menyicip Makanan Khas Likupang yang Menggoyangkan Lidah

Kamis, 09 Maret 2023 - 11:28 WIB
loading...
Menyicip Makanan Khas Likupang yang Menggoyangkan Lidah
Mister Aladin menawarkan paket liburan hemat ke berbagai wilayah di Indonesia. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Indonesia punya berjuta hal penuh kejutan yang seru untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah destinasi pariwisata super prioritas yang berada di Likupang , Sulawesi Utara ini. Selain wisata alamnya yang mempesona, ternyata tempat ini juga cocok bagi penggemar wisata kuliner.

Jika berkunjung ke sana, ada beragam makanan khas yang siap menggoyang lidah Anda. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang menjadi primadona Likupang. Mau tahu apa aja? Berikut di antaranya.

1. Pisang Goroho dan Sambal Roa
Keunikkan dari pisang goroho ini adalah bentuknya yang panjang dan cenderung ramping, biasa diolah ketika masih mengkal. Pisang ini dimasak dengan cara diiris tipis lalu digoreng. Teksturnya mirip dengan keripik pisang tetapi dimakan dengan sambal. Jangan bilang ini aneh, sebelum Anda coba sendiri kelezatan makanan satu ini. Sebagai pendampingnya, pisang goroho dimakan dengan sambal roa, masyarakat setempat biasanya menikmatinya dengan secangkir kopi atau teh.



2. Panada
Kebanyakkan orang berpikir bahwa sekilas panada sama dengan pastel. Namun, keduanya merupakan jenis cemilan yang berbeda. Panada sendiri merupakan sejenis roti berisi ikan cakalang suwir yang kemudian digoreng. Ikan tersebut telah dibumbui bumbu pedas gurih, sangat enak bila dimakan hangat-hangat.

3. Lalampa
Salah satu jenis kue tradisional khas Likupang ini hampir mirip dengan lemper. Tapi, lalampa berbahan dasar nasi berisi ikan cakalang suwir. Bahan lainnya adalah beras pulo atau beras ketan yang membuat tekstur lalampa lembut dan pulen. Selain dikukus, cemilan ini juga harus dibakar. Sebelum dibakar, harus diolesi dengan minyak sayur sehingga aromanya dan rasanya akan lebih kuat.

4. Bubur Tinutuan
Bubur satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga sebagian orang. Makanan ini biasa dikenal sebagai bubur Manado yang terbuat dari labu dan beberapa jenis sayuran yang dimasak bersamaan. Sayurannya pun cukup lengkap seperti kangkung, jagung, bayam, daun singkong hingga taburan daun kemangi yang akan menambah harum aromanya ketika dimakan. Teman makan bubur ini pun beraneka ragam, seperti sambal roa, ikan cakalang goreng, ataupun perkedel ikan nike. Udah kebayangkan nikmatnya?

5. Cakalang Fufu
Sulawesi Utara sudah lama dikenal dengan perikanan cakalangnya. Cara pengasapan ikan cakalang di Sulawesi Utara khususnya Minahasa, adalah sangat khas yaitu ikan cakalang diasapi panas selama 3-4 jam, dan produknya disebut “Cakalang Fufu”, yang sudah masak dan dapat langsung dimakan. Enak banget deh dimakan sama nasi hangat dan sambal dabu-dabu.

Penasaran akan keseruan wisata kuliner di Likupang? Yuk, rencanakan perjalanan Anda sekarang bersama Mister Aladin. Ada beragam promo menarik yang membuat liburan Anda jadi jauh lebih lebih hemat.

Nikmati promo Nginep Super Irit dan dapatkan DISKON 25% untuk booking hotel di destinasi-destinasi idaman seluruh Indonesia. Gunakan kode NP200HL ketika Anda melakukan transaksi. Informasi selengkapnya mengenai promo ini dapat Anda akses melalui halaman berikut : https://www.misteraladin.com/promotions/nginepsuperirit



Tentang Mister Aladin


Diluncurkan pada November 2015 dan berada di bawah naungan MNC Group, Mister Aladin adalah perusahaan berbasis online yang memulai perjalanannya sebagai penyedia kebutuhan traveling, seperti hotel, tiket pesawat, tiket kereta, tur, dan aktivitas. Sejak akhir 2020, Mister Aladin memperluas jenis usahanya dengan membuat sub brand bernama AladinMall yang menyediakan kebutuhan harian, seperti bahan pangan, perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, alat elektronik, dan sebagainya.

Melalui beragam produk ini, Mister Aladin terus berusaha untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen dengan menjadi one-stop shopping platform. Info lebih lanjut mengenai Mister Aladin, silakan kunjungi www.misteraladin.com atau download aplikasi Mister Aladin di Google Play Store atau App Store. Ikuti juga Mister Aladin di media sosial: Facebook (@MisterAladin), Twitter (@misteraladinid), Instagram (@misteraladin), dan TikTok (@misteraladin.id).
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3126 seconds (0.1#10.140)