Hidupkan Ekosistem Film di Daerah, Sandiaga Uno Gelar Sinema Keliling

Minggu, 12 Maret 2023 - 16:24 WIB
loading...
Hidupkan Ekosistem Film di Daerah, Sandiaga Uno Gelar Sinema Keliling
Kemenparekraf melalui program Festival Film Bulanan, menggelar kegiatan Roadshow Festival Film Bulanan 2023 bertajuk Sinema Keliling di 10 lokasi. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Upaya untuk menghidupkan ekosistem perfilman di daerah terus dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui program Festival Film Bulanan, termasuk dengan menggelar kegiatan Roadshow Festival Film Bulanan 2023 bertajuk "Sinema Keliling" di 10 lokasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam beberapa kesempatan mengatakan, “Salah satu tujuan diadakannya acara pemutaran film pendek di daerah, yaitu ingin menggerakkan sektor ekonomi kreatif masyarakat sekitar," ujarnya.

Tidak hanya itu, kegiatan pemutaran film ini dilakukan untuk memasyarakatkan film pendek karya sineas lokal sebagai alternatif tontonan yang diharapkan bisa menjadi sebuah tren di kalangan masyarakat luas.

Untuk pertama kalinya, Sinema Keliling Festival Film Bulanan digelar di Kampung Wisata Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta pada 3-5 Maret 2023.



Dadik Rahmanto selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Koordinator Marketing Kampung Wisata Rejowinangun Eed Kurniawan, menyambut baik dan menilai kehadiran "Sinema Keliling" bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

“Dengan diadakannya acara "Sinema Keliling" Festival Film Bulanan di Kampung Wisata Rejowinangun, impact-nya lumayan besar. Sebagai media promosi buat kami Kampung Wisata Rejowinangun dan Pokdarwis juga, serta bisa menambah penghasilan buat para UMKM setempat," ungkap Eed.

Acara dibuka oleh Mohammad Amin selaku Direktur Musik, Film dan Animasi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam sambutannya disampaikan, “Dengan sederet prestasi yang ditorehkan para sineas Yogyakarta, bisa dikatakan bahwa Yogyakarta merupakan salah satu Provinsi dengan kemajuan ekonomi kreatif yang luar biasa, maka tidak salah kami memilih Yogyakarta sebagai lokasi pertama dalam menyelenggarakan Sinema Keliling sebagai rangkaian Roadshow Festival Film Bulanan ini”, ujar Mohammad Amin.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)