5 Obat Alami untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal, Nomor 4 Punya Segudang Manfaat

Minggu, 12 Maret 2023 - 17:56 WIB
loading...
5 Obat Alami untuk Mengatasi Tenggorokan Gatal, Nomor 4 Punya Segudang Manfaat
Obat alami untuk mengatasi tenggorokan gatal sebetulnya banyak pilihan dan sebagian besar mudah didapat. Seperti bawang putih hingga air lemon bisa meredakan gangguan kesehatan tersebut. Foto/Ilustrasi/Getwell Urgent Care
A A A
JAKARTA - Obat alami untuk mengatasi tenggorokan gatal sebetulnya banyak pilihan dan sebagian besar mudah didapat. Seperti bawang putih hingga air lemon bisa meredakan gangguan kesehatan tersebut.

Seperti diketahui, sakit tenggorokan bisa dialami siapapun lantaran makan yang kurang sehat. Secara umum sakit tenggorokan selalu disertai gatal, atau iritasi.

Parahnya lagi, saat sakit tenggorokan penderitanya tidak bisa tidur nyenyak. Lantas obat alami apa saja yang bisa mengatasi tenggorokan gatal? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bawang putih
Melansir Healthline, bawang putih memiliki sifat antibakteri alami. Ini mengandung allicin, senyawa dikenal kemampuannya melawan infeksi.



Hal itu menurut tinjauan pustaka tahun 2014, pada banyak penggunaan terapeutik bawang putih. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan adalah salah satu cara memanfaatkan sifat antimikrobanya.

Cobalah mengisap atau mengunyah satu siung bawang putih. Anda mungkin perlu menyikat gigi sesudahnya, untuk melindunginya dari enzim dan memperbaiki aroma pernapasan.

2. Berkumur air garam
Cara alami yang paling dikenal sangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan yaitu kumur air garat. Sebab mampu memecah sekresi dan membantu membunuh bakteri di tenggorokan.

Buatlah larutan air asin, menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas penuh air hangat.

"Berkumur setiap jam dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan ketidaknyamanan tenggorokan," keterangan dalam Medical News Today, dikutip Minggu (12/3/2023)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)