8 Obat Herbal untuk Mengatasi Radang Tenggorokan, Ampuh Tanpa Efek Samping

Sabtu, 23 Juli 2022 - 10:08 WIB
loading...
8 Obat Herbal untuk Mengatasi Radang Tenggorokan, Ampuh Tanpa Efek Samping
Radang tenggorokan bisa diredakan dengan obat herbal. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Hampir semua orang pernah mengalami radang tenggorokan . Selain batuk dan pilek, di musin hujan, radang tenggorokan rentan menyerang.Radang tenggorokan tentu membuat seseorang merasa tak nyaman, karena ondisi ini bisa menyebabkan beberapa gangguan.Misalnya, rasa nyeri saat menelan, demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher, bercak kemerahan di langit-langit mulut, serta pembesaran amandel.

Nah untuk mredakannya, radang tenggorokan tak harus diobati dengan obat kimia. Anda bisa mengobatinya dengan obat herrbal , bila engan mengonsumsi obat kimia. Berikut ini delapan obat herbal yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan radang tenggorokan seperti dilansir KlikDokter:

Baca Juga: 4 Jurus Atasi Radang Tenggorokan Tanpa Obat

1. Madu

Madu memiliki efek antibakteri dan anti virus. Menurut studi yang dipublikasikan di Archives of Medical Research pada 2014, madu—dalam hal ini madu manuka—terbukti dapat menghambat replikasi virus influenza dan mempercepat penyembuhan infeksi.

Pada penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, disebutkan juga bahwa pemberian madu, baik dikonsumsi langsung atau dicampurkan pada minuman, terbukti efektif dalam mengurangi produksi lendir sekaligus mengurangi gejala batuk.

2. Lemon

Menurut dr. Valda Garcia dari KlikDokter, sifat asam dari lemon dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Apabila dicampur dengan madu, maka tenggorokan akan terlapisi dan penyakit tersebut akan lebih cepat sembuh.

Baca Juga: Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Sakit Radang Tenggorokan

3. Cuka Apel
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)