Profil Michelle Yeoh, Perempuan Asia Pertama yang Menang Aktris Terbaik Oscar 2023

Senin, 13 Maret 2023 - 12:31 WIB
loading...
Profil Michelle Yeoh, Perempuan Asia Pertama yang Menang Aktris Terbaik Oscar 2023
Aktris Michelle Yeoh sukses mencetak sejarah setelah menjadi perempuan Asia pertama yang menang kategori Best Actress di ajang Piala Oscar 2023. Foto/Footwearnews
A A A
JAKARTA - Aktris Michelle Yeoh sukses mencetak sejarah lantaran menjadi perempuan Asia pertama yang menang kategori Best Actressdi Piala Oscar 2023 atau Academy Awards ke-95.

Prestasi itu diraih berkat penampilan brilian Yeoh sebagai Evelyn Wang, karakter yang diperankan dalam film Everything Everywhere All at Once.

Lantas seperti apa profil dan biodata Michelle Yeoh? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Biodata

Nama Tionghoa: 楊紫瓊 (Tradisional)
Nama Tionghoa杨紫琼 (Sederhana)
Nama lahir: Yeoh Choo-Kheng (Iûⁿ chú-khēng)
Leluhur: Fujian, Tiongkok
Tempat tanggal lahir: Ipoh, Perak, Malaysia 06 Agustus 1962 (umur 60)
Pekerjaan: Aktris
Tahun aktif: 1984–sekarang
Pasangan: Dickson Poon (1988–1992)
Partner: Jean Todt (2004–sekarang).

Kehidupan Pribadi

Michelle Yeoh lahir di Ipoh, Malaysia. Dia adalah putri dari Janet Yeoh dan Kian Teik Yeoh. Dia keturunan Hokkian, berbicara bahasa Inggris dan Melayu sebelum bahasa Mandarin. Seorang penari balet sejak usia 4 tahun, dia pindah ke London untuk belajar di Royal Academy saat remaja.



Setelah karier menari singkat, dia memenangkan gelar kontes kecantikan Miss Malaysia dan gelar kontes kecantikan Miss Moomba di Melbourne, Australia pada awal 1980-an. Pekerjaan tampil di layar kaca pertamanya adalah iklan tahun 1984 dengan bintang seni bela diri Jackie Chan. Pada tahun 1985, ia mulai membuat film aksi dengan D&B Films of Hong Kong.

Dia pertama kali disebut sebagai Michelle Khan, kemudian Michelle Yeoh. Tidak pernah menjadi seniman bela diri yang terlatih, dia mengandalkan disiplin menari dan pelatih yang siap untuk mempersiapkan adegan aksi seni bela diri. Dia menggunakan banyak gerakan tarian dalam filmnya dan melakukan sebagian besar aksinya sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)