Mencoba Paling Mengerti

Kamis, 17 September 2015 - 09:27 WIB
Mencoba Paling Mengerti
Mencoba Paling Mengerti
A A A
SUZUKI New Ertiga hadir dengan beberapa perubahan yang diklaim mampu mengerti apa yang dibutuhkan oleh konsumen Indonesia. Seperti apa pengertian tersebut?

Konsumen automotif Indonesia sangat kompleks. Mereka terkadang membutuhkan mobil yang sangat memahami kebutuhan mereka. Bisa dipakai bergaya, fungsional saat digunakan, nyaman ketika berjalan, hingga irit bahan bakar.

Hal inilah yang dicoba oleh Suzuki dengan memberikan beberapa perubahan pada Suzuki Ertiga, terutama di segi interior. Sekilas memang mobil ini tidak mengalami perubahan radikal di bagian eksterior. Tapi jika dihitung, ada banyak hal baru ditemukan di bagian ini. Seperti bumper depan-belakang, grill depan dengan krom, spion pelipat otomatis, desain peek baru, list fog lamp krom, granish krom pintu bagasi, hingga parkir sensor.

Pembaruan inilah yang membuat Suzuki New Ertiga masih sangat bergaya untuk dikendarai. Sisi fungsionalitas terpenuhi di sektor interior. Suzuki memang masih mempertahankan desain dashboard yang elegan dan mewah. Adapun yang diganti hanyalah desain audio. Karena bagian ini jadi salah satu nilai jual dari Ertiga, yang diklaim punya desain dashboard paling mewah di kelasnya. Namun, bukan berarti tanpa perubahan, nyatanya pattern jok dan door trim tampil baru.

Meski jok masih berbahan fabric , bukan kulit. Begitu juga warna karpet kini baru, shift knob, hand brake, dan luggage under box punya warna baru, yakni dark grey. Lainnya, kini jok baris ketiga bisa dilipat terpisah 50:50, membuat fleksibilitas kabin lebih maksimal. Kaca pengemudi dengan auto up dan jam protector serta tambahan soket charger yang berada di konsol tengah.

Pembaruan yang paling signifikan menurut KORAN SINDO justru ada pada bagian jantung mekanis. Oke, mobil ini masih menggunakan mesin lama berkode K14B dengan kapasitas silinder 1,4 liter. Namun, Suzuki mengklaim ada penyempurnaan di bagian internalnya yang membuat New Ertiga diklaim lebih irit bahan bakar. Perubahan itu seperti remapping pada engine control module (ECM), peningkatan rasio kompresi melalui penggantian piston yang berkubah, dan pembesaran squish-area di ruang bakar, penyempurnaan di sistem pendinginan, hingga penggunaan material resin untuk engine valve cover .

Sementara penyempurnaan pada transmisi manual terletak di rasio gigi 5, yang kini akan membuat napas mesin semakin panjang di kecepatan tinggi. Ada juga injector baru water jacket pada sistem pendinginan diperbesar dan menyesuaikan setingan ECM. Dari penyesuaian mesin tadi, memang ada penurunan tenaga mesin dari 93,6 daya kuda menjadi 91,6 daya kuda.

Namun, torsi maksimal bergeser ke RPM yang lebih rendah sehingga jaminan konsumsi bahan bakar yang lebih baik bisa terwujud. Hal terakhir inilah yang paling membuat Suzuki New Ertiga mengerti apa yang sangat dibutuhkan konsumen Indonesia.?

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3944 seconds (0.1#10.140)