5 Penyakit yang Dapat Terjadi Akibat Kolesterol Tinggi, Nomor 4 Memicu Kematian Mendadak

Rabu, 15 Maret 2023 - 11:02 WIB
loading...
5 Penyakit yang Dapat Terjadi Akibat Kolesterol Tinggi, Nomor 4 Memicu Kematian Mendadak
Penyakit yang dapat terjadi akibat kolesterol tinggi yang tak terkontrol wajib diketahui. Sebab, beberapa penyakit tersebut memiliki risiko gangguan kesehatan yang cukup fatal. Foto/Ilustrasi/phoenixheart
A A A
JAKARTA - Penyakit yang dapat terjadi akibat kolesterol tinggi tak terkontrol wajib diketahui. Sebab, beberapa penyakit tersebut memiliki risiko gangguan kesehatan yang cukup fatal.

Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi perlu melakukan serangkaian terapi untuk mengatasi masalah tersebut. Tak selalu obat, karena kolesterol tinggi bisa dikelola dengan diet dan gaya hidup sehat.

Jika membiarkan begitu saja, kolesterol tinggi memicu beberapa penyakit serius yang mengancam nyawa. Dua yang paling dikhawatirkan adalah serangan jantung dan stroke.

"Kolesterol tinggi yang tidak dikontrol akan memicu penyakit lain dan itu dapat membahayakan keselamatan nyawa," kata Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Mayapada Hospital Kuningan dr Olivia Handayani, Sp.JP saat Okezone Live, belum lama ini.



Lantas, apa saja penyakit yang bisa muncul jika kolesterol tinggi tidak dikelola dengan benar?

1. Obesitas

Mereka yang punya berat badan berlebih kecenderungannya memiliki kadar kolesterol tinggi. Tidak selalu, tapi hampir kebanyakan orang gemuk punya masalah tersebut.

2. Diabetes Melitus

Jika badan gemuk dan kolesterol tidak dikelola, maka masalah berikutnya yang mungkin terjadi adalah prediabetes yang memicu diabetes melitus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)