Pengalaman Berkegiatan dengan Komunitas Wisata Mistis, Horor Banget!

Rabu, 15 Maret 2023 - 11:48 WIB
loading...
Pengalaman Berkegiatan dengan Komunitas Wisata Mistis, Horor Banget!
Komunitas Wisata Mistis berawal dari salah satu thread di Kaskus yang membahas urban legend. Foto/Dok Komunitas Wisata Mistis
A A A
BANDUNG - Bicara soal komunitas, mungkin sudah biasa jika membahas komunitas mobil atau motor. Tapi, ada komunitas yang menarik yakni Komunitas Wisata Mistis yang berbasis di Kota Bandung, Jawa Barat, yang sudah berdiri sejak 2011.

Diungkapkan Ricky Uhuy selaku Ketua, Komunitas Wisata Mistis berawal dari salah satu thread di Kaskus yang membahas urban legend. Ini awalnya hanya wadah untuk berbagi cerita tentang pengalaman mistis secara online via pesan pribadi atau komentar.

Namun, seiring berjalannya waktu, muncul gagasan untuk melakukan ekspedisi langsung ke tempat-tempat bersejarah yang terkenal angker. Kegiatan ini kemudian menjadi rutin dilakukan dengan jumlah anggota awal sekitar 15 orang.

"Ekspedisi pertama di daerah Rancabetang, Ciumbeulit, Bandung. Pada 10 April 2011 mulai kita dirikanan Komunitas Wisata Mistis. Pertama terbentuk cuma ada 15 orang dengan 7 orang pendiri. Saat ini sudah sampai 500 orang," ungkap Ricky saat diwawancarai, Rabu (15/3/2023).



Ricky mengungkapkan, saat ini anggota Komunitas Wisata Mistis tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Untuk anggota regional ada di daerah mulai Malang, Pantura, Balikpapan, Melawi, Jambi, sampai Padang.

Seluruh anggota Komunitas Wisata Mistis memiliki minat yang sama, yaitu melakukan perjalanan, membahas sebuah tempat angker nan bersejarah, serta mengungkap mitos-mitos yang beredar di tempat tersebut. Tujuannya sangat sederhana, yakni untuk membuktikan kebenaran mitos yang beredar agar masyarakat tidak takut lagi dengan hal-hal berbau mistis sekaligus menjadi wadah berekreasi sambil bisa juga mendalami sejarah.

"Kegiatan kita mengungkap mitos di suatu tenpat. Kalau memungkinkan, kita melakukan mediumisasi. Kita tanya jawab sama jin sekitar," terang Ricky.

Ricky memaparkan bahwa dalam berkegiatan, ada banyak hal unik yang bisa dijumpai. Misalnya saat melakukan ekspedisi di salah satu sekolah swasta di Bandung, yang mengakibatkan kontak langsung antara jin dengan manusia.

Tak tanggung-tanggung, saat ekspedisi dilakukan, salah satu anggota komunitas sempat menjadi korban bantingan benda yang digerakkan oleh makhluk halus. Kontak ini bahkan membuat anggota komunitas mengalami luka.


Pengalaman Berkegiatan dengan Komunitas Wisata Mistis, Horor Banget!

Foto/Dok Komunitas Wisata Mistis

"Jadi dulu itu kepala sekolah sambil minta tolong dibersihkan dari gangguan jin karena sering terjadi kesurupan massal. Pada saat kegiatan, ada sesi menggambar sketsa jin tapi tiba-tiba meja di kelas terbang, langsung menghantam rekan saya yang sedang menggambar," kisah Ricky.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2572 seconds (0.1#10.140)