Komunitas AABI, Wadah Berkumpulnya Puluhan Ribu Pemilik Nama Agus

Rabu, 15 Maret 2023 - 05:06 WIB
loading...
Komunitas AABI, Wadah Berkumpulnya Puluhan Ribu Pemilik Nama Agus
Sebagaimana namanya, di dalam organisasi Agus Agus Bersaudara Indonesia terdiri dari orang-orang dengan nama Agus. / Foto: agus.or.id
A A A
JAKARTA - Komunitas biasanya identik dengan perkumpulan orang-orang dengan hobi atau kegemaran yang seupa. Padahal sebenarnya ada beberapa komunitas unik yang justru jarang ditemukan di Indonesia.

Salah satunya adalah komunitas dengan nama yang sama. Ya, Agus Agus Bersaudara Indonesia (AABI). Sebagaimana namanya, organisasi ini di dalamnya terdiri dari orang-orang dengan nama Agus. Berdirinya AABI ini diprakarsai Agus Mulyadi atau akrab disapa Gusmul.

Gusmul menceritakan bahwa awal terbentuknya AABI hanya dari komunitas di media sosial. Kala itu, pria asal Sukabumi ini menginisiasi grup Facebook dan mengundang pengguna lainnya dengan nama "Agus". Gusmul secara rutin terus mengembangkan grup tersebut dengan anggota-anggota baru.



Usahanya pun membuahkan hasil. Hanya dalam waktu sebulan, jumlah anggota grup Facebook tersebut sudah mencapai 500 orang. Tak ada tujuan spesial. Gusmul mengatakan jika dibentuknya grup ini awalnya hanya untuk menjalin tali silaturahmi dan solidaritas dengan pengguna nama Agus di Indonesia.

Tidak disangka-sangka, seiring berjalannya waktu grup tersebut semakin besar dan banyak menuai respons positif dari anggota lainnya.

"Waktu itu saya sudah bikin juga grup-grup di tiap daerah, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan, Riau. Tapi intinya tetap grup Agus Agus Bersaudara Indonesia. Dari situ banyak teman-teman yang apresiasi, kemudian sepakatlah untuk membentuk AD/ART," jelasnya kepada MNC Portal, Senin, 13 Maret 2023.

Akhirnya pada 13 Desember 2015 di Bandung, dideklarasikan Agus Agus Bersaudara Indonesia, dan Gusmul terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum. Pertemuan Gusmul bersama rekan-rekannya saat itu menjadi cikal bakal komunitas AABI yang dikenal sekarang.

Sejak saat itu, Gusmul bersama rekan sekomunitasnya masuk ke daerah-daerah di Indonesia untuk pembentukan Dewan Agus Daerah (DAD) dan Dewan Agus Cabang (DAC) yang mewadahi anggota di setiap provinsi maupun kabupaten/kota. Setiap daerah pun dipimpin oleh ketua masing-masing.

Gusmul menjelaskan, hingga kini tujuan komunitas fokus pada gerakan dan kegiatan sosial. Dia ingin agar AABI bukan sekadar perkumpulan, namun juga bisa memberikan kontribusi sosial di tengah masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4088 seconds (0.1#10.140)