4 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Harus Rutin Dilakukan

Rabu, 15 Maret 2023 - 13:10 WIB
loading...
4 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi, Nomor Terakhir Harus Rutin Dilakukan
Cara mencegah kolesterol tinggi sangatlah mudah, diantaranya rutin melakukan kontrol dan medical check up. Foto/Ilustrasi/Westmed Family Healthcare
A A A
JAKARTA - Cara mencegah kolesterol tinggi ternyata tidaklah terlalu sulit. Asal dilakukan penuh kesadaran dan konsisten dalam menjalankannya gangguan kesehatan tersebut dapat dicegah sedini mungkin.

Kolesterol tinggi adalah kondisi saat kadar kolesterol total dalam darah melebihi ambang batas normal yaitu kurang dari 200 mg/dL. Jadi, kalau kolesterol total ada di angka 200-239 atau lebih, itu dikategorikan kolesterol tinggi.

Agar kolesterol tidak tinggi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dijelaskan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Mayapada Hospital Kuningan dr Olivia Handayani, Sp.JP, ada 4 cara untuk mencegah kolesterol tinggi. Apa saja?

1. Pastikan konsep 4J dijalani dengan benar

Menurut dr Olivia, agar seseorang tidak mengalami kolesterol tinggi, harus memastikan konsep 4J dijalani dengan benar dan disiplin. 4J itu adalah jam, jenis, jumlah, dan jurus makan.



Untuk jam, dr Olivia menegaskan bahwa jangan pernah melewati sarapan. Karena ini akan memengaruhi metabolisme alami tubuh.

"Saya selalu sarankan agar sarapan di jam 6-7 lagi. Lalu makan siang 12-1 siang, dan makan malam 6-7 malam," katanya saat diwawancarai di Okezone Live, belum lama ini.

Tak bisa dipungkiri kalau ada momen seseorang itu mau ngemil, ngisi perut jelang makan besar. Nah, ngemil itu boleh tapi perlu diperhatikan menu yang dipilih.

"Saya gak rekomendasikan ngemil itu diisi sama gorengan. Ngemil sehat itu ngemil buah potong," katanya.

Setelah jam, kini jenis makanan. Agar mencegah kolesterol tinggi, seseorang harus doyan makan makanan berserat, seperti buah dan sayur. Itu juga harus ada di piring makan dan jumlahnya harus lebih banyak dibandingkan nasi dan lauk. Ini terkait juga dengan jumlah makanan, ya.

Lauk apa yang baik untuk mencegah kolesterol adalah ikan dan ayam. "Daging merah itu mengandung kalori yang tinggi dan kalori sangat berkaitan dengan kolesterol," paparnya.

Sekarang bagaimana dengan jurus masak? Dr Olivia menyarankan agar pilih makanan panggang ketimbang goreng, dan rebus ketimbang bakar. Makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol.

2. Olahraga

Olahraga punya peran mencegah kolesterol tinggi. Olahraha yang disarankan itu 30 menit dalam satu hari. Jadi, kalau per minggu semestinya 150 menit, karena olahraha yang baik itu dilakukan 5-7 kali dalam seminggu.

"Saya menganjurkan agar orang sehat atau penderita kolesterol tinggi agar perbanyak jalan kaki. Ini berlaku juga bagi yang baru habis makan, jangan leyeh-leyeh," ungkapnya.

3. Tidak merokok

Kebiasaan merokok itu membuat lemak gampang numpuk di pembuluh darah yang pada akhirnya bisa menjadi plak dan sebabkan masalah kesehatan serius.

4. Rutin kontrol dan medical check up

Ini juga jangan lupa dilakukan sebagai upaya mencegah kolesterol tinggi. "Kalau tidak kenal maka tidak sayang. Artinya, Anda harus cek kolesterol supaya ketahuan berapa kadarnya pada tubuh Anda. Kalau memang tinggi, bisa segera diatasi," tambah dr Olivia.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3561 seconds (0.1#10.140)