Gejala Kolesterol Tinggi pada Jantung dan Pembuluh Darah, Waspadai!

Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:22 WIB
loading...
Gejala Kolesterol Tinggi pada Jantung dan Pembuluh Darah, Waspadai!
Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal apabila terus dibiarkan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal apabila terus dibiarkan. Sekadar informasi, kolesterol adalah zat sejenis lemak yang diproduksi organ hati.

Dengan bentuknya yang menyerupai lemak , kolesterol tidak bisa larut dalam air. Sehingga zat tersebut tidak bisa bergerak dengan sendirinya. Dalam hal ini, dia dibantu partikel bernama lipoprotein untuk menjalankan tugasnya.

Baca juga : Kolesterol Tinggi, Begini Cara Mudah Mengendalikannya

Secara umum, terdapat dua jenis lipoprotein, yaitu Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL). Singkatnya, LDL adalah kolesterol jahat, sedangkan HDL merupakan kolesterol baik.

Lebih lanjut, kadar kolesterol yang tinggi biasanya disebabkan berbagai faktor. Dari pola makan tidak sehat, kegemukan, kurang olahraga, merokok, dan sebagainya.

Satu hal perlu diwaspadai adalah kadar LDL yang terlalu tinggi pada tubuh. Pada dampaknya, hal tersebut bisa menyebabkan timbunan lemak dan menumpuk di pembuluh darah.

Akibatnya, tumpukan lemak tersebut mempersulit aliran darah untuk mengalir melalui arteri. Sebagai hasilnya, kondisi ini berpotensi menyebabkan masalah kesehatan serius yang bisa berakibat fatal, termasuk pada organ jantung.

Lantas, apa saja gejala kolesterol tinggi pada jantung dan pembuluh darah?

Dikutip dari WebMd, Selasa (9/08/2022), sayangnya kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala yang jelas. Setidaknya sampai muncul jenis penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke yang diakibatkannya.

Biasanya, keadaan tersebut terjadi karena kolesterol telah membentuk plak di arteri. Sehingga aliran darah menjadi tersumbat untuk melewatinya. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan tes darah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1701 seconds (10.177#12.26)