Tidak Menggunakan Media Sosial 15 Menit Sehari Bisa Kurangi Depresi

Rabu, 15 Maret 2023 - 23:55 WIB
loading...
Tidak Menggunakan Media Sosial 15 Menit Sehari Bisa Kurangi Depresi
Tidak menggunakan media sosial 15 menit sehari bisa meningkatkan kesehatan. Temuan ini menunjukkan hal ini bisa mengurangi tingkat kesepian dan depresi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Tidak menggunakan media sosial 15 menit sehari bisa meningkatkan kesehatan umum dan kekebalan tubuh. Temuan terbaru ini juga menunjukkan bahwa hal ini bisa mengurangi tingkat kesepian dan depresi .

Temuan yang diterbitkan dalam Jurnal Teknologi dalam Ilmu Perilaku ini menunjukkan bahwa orang yang mengurangi penggunaan media sosial memiliki peningkatan rata-rata 15 persen dalam fungsi kekebalan tubuh. Termasuk lebih sedikit pilek, flu, kutil, dan verrucae.

Dilansir dari Times Now News, Rabu (15/3/2023) studi tersebut juga menunjukkan peningkatan kualitas tidur sebesar 50 persen. Selain itu, gejala depresi 30 persen lebih sedikit.



“Data ini menunjukkan bahwa, ketika orang mengurangi penggunaan media sosial mereka, kehidupan mereka dapat meningkat dalam banyak hal. Termasuk manfaat untuk kesehatan fisik dan kesejahteraan psikologis mereka," kata Profesor Phil Reed, dari Sekolah Psikologi Universitas Swansea.

“Masih harus ditetapkan apakah hubungan antara penggunaan media sosial dan faktor kesehatan adalah hubungan langsung, atau apakah perubahan variabel kesejahteraan, seperti depresi, atau faktor lain, seperti peningkatan aktivitas fisik, memediasinya," tambahnya.

Media sosial dirancang untuk membuat ketagihan dan dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan bahkan penyakit fisik.



Studi lain yang diterbitkan oleh Asosiasi Psikologi Amerika menunjukkan bahwa remaja dan dewasa muda yang mengurangi penggunaan media sosial mereka sebesar 50 persen beberapa minggu melihat peningkatan yang signifikan dalam perasaan tentang berat badan dan penampilan secara keseluruhan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)