Nomo Koeswoyo Meninggal Dunia, Yok Satu-Satunya yang Tersisa di Koes Bersaudara

Kamis, 16 Maret 2023 - 08:30 WIB
loading...
Nomo Koeswoyo Meninggal Dunia, Yok Satu-Satunya yang Tersisa di Koes Bersaudara
Yok Koeswoyo (tengah) bersama almarhum Murry dan Yon Koeswoyo. Foto/Instagram @koesplus_
A A A
JAKARTA - Nomo Koeswoyo telah meninggal dunia pada Rabu (15/3/2023) malam, sekitar pukul 19.30 WIB. Kepergian salah satu personel Koes Bersaudara itu menjadikan grup band legendaris Indonesia tersebut kini hanya tinggal memiliki satu personel, yakni Yok Koeswoyo.

Koes Bersaudara (Koes Brothers) pertama kali dibentuk pada 17 Februari 1958 di Jakarta. Grup ini terdiri dari lima bersaudara yaitu Koesdjono (John), Koestono (Tonny), Koesnomo (Nomo), Koesyono (Yon), dan Koesroyo (Yok). Namun, John memutuskan hengkang setelah album pertama dirilis pada 1964.



Koes Bersaudara berubah nama menjadi Koes Plus pada 1969 setelah Nomo hengkang dan kedatangan Murry serta Totok AR, yang bukan anggota keluarga Koeswoyo. Mereka menggantikan posisi Nomo dan Yok untuk mengisi drum serta gitar bas.

Yok Koeswoyo kemudian kembali masuk ke dalam grup, dan akhirnya terbentuk formasi yang bisa dikatakan menjadi andalan yaitu Tonny Koeswoyo pada kibor dan gitar melodi, Yon pada gitar pengiring, Yok pada gitar bas, dan Murry pada drum. Koes Plus menjadi band Indonesia paling populer di tahun 1970-an.

Di akhir era 80-an, salah satu punggawa Koes Plus, yakni Tonny Koeswoyo, meninggal dunia. Tonny meninggal dunia pada 27 Maret 1987 saat usianya 51 tahun.



Lalu pada 1 Februari 2014, Murry meninggal dunia di usia 64 tahun. Setelah itu, Yon Koeswoyo pun menyusul Murry dan Tonny. Yon meninggal dunia di usia 77 tahun pada 5 Januari 2018.

Sampai akhirnya hanya Yok Koeswoyo, satu-satunya anggota Koes Plus yang masih hidup, ditemani dua kakaknya yakni John dan Nomo Koeswoyo, yang sempat tergabung dalam Koes Bersaudara.

Namun, pada 2 Desember 2022, bassist pertama Koes Bersaudara, yakni John Koeswoyo atau Koesdjono (Djon), meninggal dunia. Djon mengembuskan napas terakhir di usia 90 tahun di RS AL Surabaya dan yang teranyar, Nomo Koeswoyo, juga wafat pada 15 Maret 2023 di Magelang, Jawa Tengah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5556 seconds (0.1#10.140)