11 Desa Wisata di Lombok Jaga Keberlanjutan Pengembangan Pariwisata

Kamis, 16 Maret 2023 - 17:43 WIB
loading...
11 Desa Wisata di Lombok Jaga Keberlanjutan Pengembangan Pariwisata
Sebanyak 11 desa wisata di Lombok memaparkan program pengembangan pariwisata yang bakal dilakukan di desa masing-masing. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sebanyak 11 desa wisata di Lombok memaparkan program pengembangan pariwisata yang bakal dilakukan di desa masing-masing. Ke-11 desa wisata tersebut berasal dari 4 wilayah, yakni Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Barat.

Desa-desa wisata tersebut telah menyelesaikan tahapan Sosialisasi, Pelatihan, serta Pembuatan Proposal pada 2022. Kini, bersiap memasuki tahapan berikutnya dalam Program Kampanye Sadar Wisata 5.0, yaitu Pendampingan.

Dalam Biannual Tourism Forum yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 14-15 Maret lalu, perwakilan Desa Sekotong Barat dari Lombok Barat, Yani Aji Sujana menyebutkan, walau merupakan desa rintisan, namun warga dan pelaku pariwisata bertekad menjalin kerja sama untuk mengembangkan pariwisata.



"Untuk daya tarik agar wisatawan datang, ada sport diving dan snorkeling di 3 gili. Selain itu, kami akan mengembangkan UMKM oleh-oleh khas dari limbah kulit kerang," paparnya dalam keterangan tertulis Kemenparekraf/Barekraf, Kamis (16/3/2023).

"Yang paling unik, terdapat daya tarik wisata yang dikemas dengan pendekatan story telling yang dapat dijual sebagai penutup paket wisata ke 3 gili tersebut," lanjut dia.

Pada kesempatan ini, wakil dari Desa Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Malik Abdul Aziz memaparkan bahwa pihaknya akan mengoptimalisasi digital marketing sebagai sarana promosi wisata dalam program jangka pendek.

"Untuk jangka panjang yaitu Kampoeng Nelayan di Pantai Benjon dengan pasir menyerupai merica dan pepohonan di tepi pantai sebagai USP (unique selling point). Tentu kami akan menggandeng para travel agent di sana," tuturnya.

Sedangkan Safri Mutahid dari Desa Gili Indah, Lombok Utara, menyampaikan, meski pulau-pulau di Desa Gili Indah sudah cukup dikenal sebagai destinasi wisata, khusus untuk Program Sadar Wisata 5.0 mereka mencetuskan konsep yang berbeda yaitu eco wisata berwawasan lingkungan berbasis masyarakat.

"Beberapa aktivitas regular akan kami padu padankan dengan edukasi. Seperti di sekolah diving akan kami masukkan nilai-nilai tentang ekosistem, jadi ada tambahan pengetahuan. Kami ajak tamu untuk mencintai ekosistem dengan mengenalnya," jelas dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)